Webinar Literasi Digital, Belanja Online, Sudah Sesuaikah Barang Yang Datang

Martapura,InfoPublik - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi menggelar webinar literasi digital bertema “Bangsa Indonesia Berbudaya Literasi Digital” untuk Kota Banjarmasin, dibuka oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, dan dimoderatori Sabrina Anwari, Kamis (04/11/2021) pagi.

Webinar ini menghadirkan narasumber berkompeten yaitu, Milna guru SMKN 2 Banjarmasin, Kiki Septiana Hapsari guru SMKN 2 Banjarmasin, Stave Pattinama Digital Creator dan Gilang Alvianto Founder Hunky Dory Barbershop.   

Salah satu narasumber Stave Pattinama Digital Creator mengetengahkan bagaimana cara aman berbelanja online. Stave mengaku sering kecewa ketika belanja online tersebut, lantaran barang yang datang tidak sesaui harapan. Namun ia menyadari akan hal itu karena merupakan resiko yang harus diterima.

“ Barang yang datang jarang sesuai dengan harapan, dan itu kita akui sebagi resiko,” ujarnya.

Lalu bagaimana cara menghindari kekecewaan tersebut, Stave juga memberikan tips yang yang harus dilakukan agar jangan sampai menimpa para warganet yang suka belanja online.

“ Ada beberapa cara yang harus dilakukan, seperti rajin membaca ulasan tentang toko penjualnya, bagus atau tidak, kredibilitasnya, rating tokonya bagimana dimata pelanggannya, testimoni dari orang-orang,” ujarnya.

“ Hati hati juga dengan toko-toko bodong, pada awalnya biasa biasa saja, namun lama kelamaan ada pembeli yang menunggu barangnya ngga datang-datang, jangan sampai kita tertipu,” katanya.

Selain itu, pembeli bisa melakukan chat dengan penjual untuk bertanya detail tentang barang yang datang tidak sesuai harapan.

“ Jangan malu bertanya, karena kita bisa menilai secara langsung bagaimana ia menservice pelanggannya, apakah sopan atau tidak, dan hal ini sangat menunjang untuk berbelanja disana,” ujarnya.   

Ditambahkannya, sangat penting sekali untuk bisa mendalami bagaiman cara aman berbelanja secara aman, karena sangat banyak yang tertipu karena bodong, baik tidak datang-datang maupun tidak sesuai dengan fotonya. Selain itu ia juga mewanti wanti peserta webinar untuk bisa mengelola keuangan dengan baik.

“ jangan sampai uang serratus membeli harga barang yang seribu, akhirnya bisa terjebak pada pinjaman online,” pungkasnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ronny)


Komentar