Mejelis Ta'lim Arrahman Gambut Hidupkan Tradisi Tasmiyah

Gambut, InfoPublik - Menghidupkan lagi tradisi Betasmiyah yang sudah turun temurun dilakukan masyarakat Banjar saat ada kelahiran seorang anak.

Maka dari itu Mejelis Ta'lim Arrahman pimpinan Ustad Hifzirrahman bin KH. Ahmad Tarmizi, di Handil II RT 004 desa Tambak Sirang Darat Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar menggelar acara Betasmiyah, Jum'at (6/4/2022).

Adapun tiga anak ditasmiyahkan diberi nama Fahri Hasan bin Ahmad Sapuani, Zaini Araf bin Syaukani dan Ahmad Mawahib Alhizril bin Ahmad Saberan oleh Pengajar sekaligus penceramah agama ustadz Dihyah Abdi.

Tasmiyah merupakan tradisi Banjar yang biasanya diiringi pengajian ayat suci Al-qur'an dan ceramah agama. Setelah diberi nama dilaksanakan pemotongan rambut dan posisi tapung tawar dengan memercikan air bunga-bunga dan pandan wangi. Setelah itu anak tersebut resmi menyandang nama yang diberikan.

Biasanya tasmiyah didahului dengan aqiqah dengan menyembelih kambing dan dimasak manis, agar anak berbudi pekerti yang baik. Untuk anak laki-laki menyembelih kambing dua ekor dan anak perempuan cukup satu ekor.

Kegiatan ini juga diisi dengan pembacaan munakif Syech Arsyad Albanjari oleh Ustadz Dihyah Abdi pengajar dan jua anak sulung KH.Ahmad Tarmizi Almarhum.

Hadir sebagian pengajar Pondok Pesantren Almursyidul Amin, Ketua BPD desa Makmur Muhammad Khalil dan Anggota H. Affandi, BPD desa Tambak Sirang Darat Mukhlis, perangkat desa Makmur dan Tambak Sirang Darat. (IP Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin)


Komentar