Tradisi Banjar Batapung Tawar di Kecamatan Gambut

Gambut, InfoPublik - Masyarakat Banjar memiliki banyak tradisi adat daerahnya, salah satunya tradisi Batapung Tawar yaitu adat merupakan tradisi setelah melahirkan yang mengandung makna harapan dan do'a-do'a terhadap keselamatan ibu dan bayi yang dilahirkan. 

Tapung Tawar berasal dari kata "Tapung"  (tepung) diambil dari bahan yang digunakan untuk acara batapung tawar. 

Dan "Tawar" bahasa banjar bisa diartikan pengobatan. Dan alat memercikan adalah potongan dan anyaman daun pisang, daun kelapa atau daun pisang. Juga sekaligus didalamnya ucapan terima kasih kepada bidan yang telah membantu.

Demikian juga tradisi adat Banjar ini dilaksanakan oleh pasangan muda di Handil II RT 004 desa Tambak Sirang Darat Kecamatan Gambut Muhammad Zaini dan Noorhidayah untuk kelahiran anak mereka Devita Shanum Anggraini.

Orang tua atau keluarga basaruan (mengundang) tetangga sekitar untuk kegiatan acara tersebut. Keluarga dan tetangga datang bersilaturrahmi sekaligus membantu untuk memasak masakan tradisional Gayam dan bubur habang.

Di ruang tengah keluarga dan tetangga yang lain secara bergantian menggendong Bayi, dan yang lain berkeliling memperhatikan si bayi.

Tamu yang datang membawa beras, gula merah, makanan, kue, gula putih, handuk, pakaian bayi. Mereka memasak sambil bercengkerama bersenda gurau. Setelah masakan masak disajikan, dibacakan do'a selamat dan dimakan bersama. 

Setelah makan acara basarahan bayi dari bidan kepada nenek sang bayi dan dari keluarga diserahkan piduduk kepada bidan.

Piduduk adalah tradisi adat Banjar yang  biasanya diberikan ke pelaksana acara sebagai ungkapan terima kasih, pengganti alat pembayar.

Piduduk berupa alat, sembako dan bumbu berisi timba, beras, Kelapa, gula merah, minyak goreng, garam, micin, penyedap rasa, serai, laos, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, kunyit, kencur.

Dilanjutkan acara bapapai air bunga dan  wewangian yang telah disiapkan sebelumnya.

Bapapai adalah air bunga, minyak dan wewangian yang dipercikan ke bayi dengan anyaman potongan daun pisang yang dibentuk sedemikian rupa. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar