DPKP Banjar Gelar Sosialisasi Peningkatan SDM Penanganan Kebakaran di BEM FMIPA ULM Banjarbaru

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru melaksanakan Sosialisasi Pemadam Kebakaran di Ruangan Aula dan Praktik Pemadaman Kebakaran Halaman Universitas, Jum'at (22/7/2022).


Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Unlam Bjb dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar. 


Ketua BEM FMIPA Mustika Wati mengucapkan terima kasih atas kehadiran para personil Komando Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar. 


Sementara itu, Rizki Ananda memberikan materi terkait Kebakaran yang merupakan salah satu ancaman berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. 


"Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakan pelatihan dan simulasi Pemadam Kebakaran pada Bangunan Bertingkat di Lingkungan Universitas," ujar Rizki.


Dimyati personil DPKP menambahkan Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih dirasakan sangat kurang, khususnya untuk rakyat Indonesia. 


"Sehingga masih seringkali terjadi kejadian kebakaran yang selalu mengakibatkan banyak kerugian. Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya. Diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai," jelas dia.


Diungkapkannya, karena itulah diperlukan pelatihan ini. Banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya bahaya api atau kebakaran bahkan ledakan, faktor-faktor tersebut kadang-kadang kurang diperhatikan kebanyakan orang, padahal upaya pencegahan kebakaran lebih mudah dan lebih murah, dibandingkan upaya penanggulangannya. Karena itulah dalam pelatihan ini upaya pencegahan kebakaran lebih diutamakan.


Adapun dalam kegiatan praktek menggunakan peralatan yang sudah standar dan diawasi oleh ahlinya, sehingga pelaksanaan praktek lapangan dapat berjalan dengan lancar dan aman. (IP Kab. Banjar/Brigade DPKP)


Komentar