Sosialisasi Pembinaan Pemanfaatan Alat Pasca Panen di Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Penanganan pasca panen untuk komoditas pertanian memegang peranan yang sangat penting. Pasca panen adalah tahap penanganan hasil pertanian segera setelah pemanenan.

 

Penanganan pasca panen menentukan kualitas hasil pertanian. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong penanganan pasca panen tersebut secara maksimal. Untuk komoditas tanaman pangan, ada berbagai teknik penanganan pasca panen, dan salah satunya adalah pemanfaatan alsintan pasca panen.

 

Dinas Pertanian melalui Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan memberikan pembekalan kepada Mantri Perkebunan dan Kelompok Tani di Aula Distan Banjar, Kamis (7/7/2022).

 

Kabid Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan Nurul Chatimah mengatakan yang pertama rapat koordinasi dan sinkronisasi data statistik perkebunan, yang kedua sosialisasi pembinaan pemanfaatan alat pasca panen di Kabupaten Banjar.

 

“Terkait dengan Mantri Perkebunan, ini adalah pertemuan yang pertama sejak tahun 2022 SOTK baru Dinas Pertanian, untuk perkebunan terkait dengan data dikelola oleh Bidang Sarana untuk saat ini. Tanaman pangan dan hortikultura juga menangani Alsintan dan pupuk,”ucap dia.

 

Ditambahkannya, untuk data perkebunan, nantinya data perdesa untuk komoditas perkebunan.

 

“Terkait monitoring dan evaluasi Alsintan (Alat mesin pertanian) diharapkan bisa mengelola datanya dengan baik. Terkait pemanfaatan alsintan : apakah masih bagus atau rusak, apakah dimanfaatkan dengan baik, dan bagaimana administrasi pengelolaannya,”papar dia.

 

Nurul berharap dalam sosialisasi nanti peserta mendapatkan pengetahuan terkait pemeliharaan alsintan agar berfungsi lebih baik dan bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan/Syaripuddin)


Komentar