Rakor Tim Kesehatan Desa se-Kecamatan Karang Intan

KarangIntan,InfoPublik – Kecamatan Karang Intan menggelar Rapat Koordinasi bersama tim kesehatan desa POSYANDU-POSBINDU-PPKBD se-Kecamatan Karang Intan dalam rangka pemecahan dan penanggulangan Stunting di wilayah masing-masing.


Pada kegiatan tersebut dihadiri  Camat Karang Intan Muhamad Ilmi dan Kepala PUSKESMAS karang Intan 2 Dr. Grifan Radilah, Kasi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Karang Intan Fathurahman, staf nya Abdussalam dan kader kesehatan Posyandu, Posbindu dan PPKBD, di aula Kecamatan Karang Intan, Rabu (3/11/2021).


Kasi Kesos Fathurahman mengatakan maksud dan tujuan acara tersebut untuk memberikan informasi secara jelas tentang stunting dan permasalahannya dalam upaya pemecahan atau penanggulangan di wilayah desa masing masing juga bermaksud membangun kerja sama yang baik antar tenaga/kader kesehatan dalam rangka penanganan masalah stunting termasuk menjalin koordinasi dengan pihak pihak terkait, yang bertanggungjawab atas permasalahan kesehatan khususnya masalah stunting.


Camat karang intan Muhamad Ilmi mengharapkan semua kader kesehatann khususnya di kecamatan Karang Intan agar dapat mengerti dan memahami tugas dan fungsinya masing masing sebagai kader kesehatan di tempat tugasnya sehingga warga dapat terlayani dengan baik sehingga dapat menekan angka stunting di kecamatan Karang Intan.


Sebagai narasumber Kepala Puskesmas Krang intan 2 Dr. Grifan Radilah memaparkan bahwa. IntervensiGizi spesifik merupakan intervensi yang ditujukan kepada anak dalam 1000 hari pertama kehidupan {HPK} dan berkontribusi pada 30% penanggulangan stunting. Kerangka kegiatan intervensi gizi spesifik umumnya dilakukan pada sektor kesehatan dengan sasaran ibu menyusui dan anak usia 0-6 bulan, mendorong penerapan Asi hingga usia 23 bulan, didampingi oleh pemberianMP. ASI, Menyediakan obat cacing, menyediakan suplemen zink dan melakukan faksinasi zat besi ke dalam makanan. (IP Kominfo Kab. Banjar/Kec. Karang Intan/Man)


Komentar