Komitmen Bersama Percepatan Penurunan Stunting di Kelurahan Gambut Barat

Gambut, InfoPublik - Sebagai Komitmen dalam melakukan Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting, Pemerintah Kelurahan Gambut Barat melaksanakan Rembuk Stunting Aksi Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi di Aula Kelurahan Gambut Barat Kecamatan Gambut, Kamis (25/4/2024).

Hal ini sesuai dengan Petunjuk Teknis Pedoman Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Kabupaten Banjar Kegiatan Bappedalitbang.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Gambut Syahrani mewakili Camat Gambut dalam arahannya menyampaikan bahwa generasi penerus bangsa harus sehat, cerdas, kreatif, dan produktif. 

"Jika anak-anak terlahir sehat tumbuh dengan baik dan didukung oleh pendidikan yang berkualitas maka mereka akan menjadi generasi yang menunjang kesuksesan pembangunan bangsa. Dan akan sebaliknya jika anak-anak terlahir dan tumbuh dalam situasi kekurangan gizi kronis, dengan istilah Anak Stunting," ujarnya.

Aulya Ricky Rimbawan dari Dinas Sosial P3AP2KB menyampaikan solusi agar tidak terjadi kelahiran anak stunting disaat kehamilan disarankan untuk rutin memeriksa kondisi kehamilan ke pusat Kesehatan, perlu juga memenuhi asupan nutrisi yang baik selama kehamilan. 

"Dengan makanan sehat dan juga asupan mineral seperti zat besi, asam folat dan yodium harus tercukupi. Terapkan gaya hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan sebelum makan, memastikan air yang di minum merupakan air bersih, buang air besar di jamban, sanitasi sehat dan lain sebagainya," pesannya.

Sihabuddin dari Bappedalitbang Kabupaten Banjar menyampaikan alasan Rembuk stunting adalah dokumen hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi, dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting di kelurahan.

"Peran serta Bappedalitbang ada dalam Rangka Penyusunan Rencana Anggaran dari 100 Bayi," tuturnya.

Sedangkan Sugeng Riyanto dari UPTD. Puskesmas Gambut menyampaikan perlu adanya Edukasi Tentang Kesehatan dan  dampak perokok bagi Kesehatan diri dan keluarga.

Dalam kegiatan hadir Koordinator PKB Kecamatan Gambut, Babinsa Kelurahan, Babinkamtibmas, Ketua PKK Kel. Gambut Barat, Bidan Kelurahan, Kader Posyandu, Fasilitator PKH dan Ketua RT.Sekelurahan Gambut Barat. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar