Distan Banjar Gelar Rapat Koordinasi Revitalisasi Kelompok Tani

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka memperkuat kelembagaan pertanian dan mempermudah pembinaan terhadap kelompok tani, Dinas Pertanian Banjar melaksanakan rapat koordinasi revitalisasi kelompok tani ditingkat pedesaan, revitalisasi ini dimaksudkan untuk membentuk dan mengaktifkan kembali serta memperkuat kelembagaan petani yang ada.


Kegiatan ini dihadiri Kasi Kelembagaan Petani Ida Fitriani, Kasi Penyelenggaraan Penyuluhan Ramdani Purnomo dan PPL se-Kabupaten Banjar di Aula Distan, Jum’at (9/9/2022).


Kelompok Tani adalah kumpulan petani/peternak/pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kondisi lingkungan sosial, ekonomi, sumberdaya, kesamaan komoditas dan keakraban untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha anggota. 


Kelompok tani yang bergabung menjadi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), diharapkan mampu membawa para anggotanya ke dalam suasana hidup lebih baik dan sejahtera.


Sebagai narasumber Ida Fitriani dalam pemaparannya Kenaikan kelas kelompok tani tidak lepas dari koordinasi antara penyuluh pertanian dan petani. (IP Kab. Banjar Brigade Distan Banjar Syaripuddin)


Komentar