Bakesbangpol Banjar Gelar Rakor Forum Kerukunan Umat Beragama

Martapura, InfoPublik - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar laksanakan kegiatan Penerimaan Kunjungan Kerja Rapat koordinasi FKUB Kab Banjar, Kamis (29/12/2022).

Adapun kegiatan tersebut terkait kepengurusan, Rencana Kegiatan Tahun 2023 dan persiapan Dana Hibah yang di berikan pemerintah daerah ke FKUB Kab Banjar.

Hadir dalam rapat tersebut Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dari ponpes Darul Hizrah Kab. Banjar KH. Zarkasyi Hasbie, LC dan Sekretaris FKUB H. Ahmad Syahmiran, serta beberapa anggota dan Pengurus FKUB lainnya. 

Kepala Badan Kesbangpol Banjar Safrin Noor menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari FKUB Banjar, beserta tim dari Pengurus, secara umum dalam pelaksanaan kerukunan umat beragama di Kabupaten Banjar, berjalan dengan kondusif hal tersebut dikarenakan sinergi antara Pemerintah, FKUB dan masyarakat terjalin dengan baik. 

“Hubungan kemitraan antar Pemerintah Kab. Banjar, dalam hal ini Badan Kesbangpol dengan FKUB sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan penanganan potensi-potensi konflik sosial umat beragama baik internal maupun eksternal dapat diatasi dengan baik dan kondusif," ungkap Safrin.

Sementara KH. Zarkasyi Hasbie mengatakan, kedepannya kegiatan FKUB akan lebih ditingkatkan dengan sasaran yang melibatkan masyarakat luas. 

"Khususnya tahun 2023 hendaknya program kegiatan ditingkatkan dan dimanfaatkan pada masyarakat luas dan dari pesantren ditingkatkan lagi, Sejalan dengan keinginan ketua FKUB maka sesuai ketentuan peraturan Perundang – undangan Peran Kesbangpol sebagai koordinator pembinaan kerukunan umat beragama mulai Tahun 2023 akan melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada semua pembakal/ kepala desa tentang pentingnya program kegiatan kerukunan umat beragama di kabupaten Banjar," jelas dia.

“Diinformasikan bahwa Tahun 2022 terdapat 4 titik potensi konflik. berkat adanya hubungan Kerja sama yang baik antara Bakesbangpol dengan FKUB, semua potensi tersebut dapat diatasi dengan baik dan kondusif," harap dia.

Diakhir acara Safrin meminta secara khusus kepada sekretaris FKUB agar mampu menjadi jembatan untuk kita semua memajukan dan melestarikan kerukunan umat Beragama di Kabupaten Banjar, Oleh karena itu marilah kita bersama-sama untuk tetap hidup dalam bingkai NKRI dengan mengedepankan toleransi dan solidaritas. (IP Kab. Banjar/Brigade Bakesbangpol)


Komentar