Rahasia 2 Tahun Lebih Mantan Dandim 1006 Martapura Terbongkar, Ini Pengakuannya

Martapura, InfoPublik - Malam pengantar tugas dan pisah sambut Komandan Kodim 1006 Martapura, di awali dengan penayangan video berdurasi pendek kegiatan Letkol Arm Siswo Budiarto selama menjabat sebagai Komandan Kodim 1006 Martapura, di Mahligai Sultan Adam, Selasa ( 02/02 ) malam.

Siswo Budiarto mengatakan, dirinya sudah dua tahun dua bulan lamanya mengabdi guna membantu masyarakat Kabupaten Banjar untuk kemajuan bersama. Hidup dan mati dipertaruhkan dengan total 14 penugasan. Diantaranya pengamanan kedatangan presiden RI empat kali, pengawalan pelaksanaan pemilu, penanggulangan karhutla, penanganan covid-19, TMMD hingga musibah banjir. Namun pengalaman yang tak terlupakan dalam hidupnya adalah ikut berpartisipasi dua kali dalam pelaksanaan peringatan Haul KH. Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul.

“dua kali momen haul yang tak bisa saya lupakan, ” ujar Siswo yang kini punya tugas baru sebagai  Kepala Departemen Taktik Pusdik Armed di Cimahi, Bandung, Jawa Barat.   

Menurut Siswo, setiap kali mendapatkan kendala dalam membantu pemerintah daerah atau membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan, dirinya pasti melaksanakan ibadah ke mushola Ar raudah Sekumpul. Karena menurutnya, disana dirinya bisa mendapatkan kedamaian dan ketenagan. 

“ tempat itulah untuk mencari inspirasi berkomunikasi langsung dengan sang pencipta.  Itulah rahasia saya selama 2 tahun 2 bulan disini, kadang kadang jam 11 malam naik sepeda, jalan kaki,  paling imam mushola atau relawan disana yang tahu, Insya allah saya akan kesini lagi,” ungkapnya.  

Siswo juga mengakui bahwa selama bertugas, dirinya banyak melakukan kesalahan dan meminta maaf atas semuanya. 

“ Mohon ampun dan maaf, kami sadar selama menjalankan tugas banyak salah, baik ucapan maupun perbuatan yang pasti menyinggung perasaan, mohon maafkan kami. Jiwa dan semangat kami masih ada di tanah kelahiran kami Kalimantan selatan, jadi jangan ragu untuk menghubungi kami jika terjadi permasalahan di Kabupaten Banjar,” ujarnya. 

Sementara itu, Komandan Kodim 1006 Martapura yang baru Letkol Inf Imam Muchtarom meminta petunjuk, bimbingan dan arahan dalam melaksanakan tugas di wilayah Kabupaten Banjar. 

“ saya mohon  petunjuk bimbingan dan arahan dalam melaksanakan tugas di wilayah Kabuapten Banjar,  lebih khusus kepada Siswo semoga amal ibadahnya menjadi berkah untuk kabupaten Banjar ini,” ujarnya. 

Bupati Banjar H. Khalilurrahman mengatakan, Siswo Budiarto adalah prajurit yang ramah dan bersahaja, mampu melakukan koordinasi yang baik hingga Kabupaten Banjar benar-benar kondusif. Beban berat beliau yang dihadapi sukses, seperti pengamanan pilkada mulai dari tahapan hingga pelaksanaan yang berlangsung aman dan damai.   Selain itu penanganan Covid-19 yang saat ini masih melanda serta musibah banjir.

“ Cukup memprihatinkan, sampai saat ini sebagian masih terendam banjir, beliau terjun langsung dalam penanggulangan bersama yang lain untuk membantu masyarakat, Atas nama Pemerintah Kabupaten Banjar saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya  dan penghargaan setinggi tingginya yang telah membantu Kabupaten Banjar, semoga lebih sukses ditempat yang baru," ujarnya.

Kepada Imam Muchtarom, Bupati Banjar juga mengucapkan selamat datang dan bertugas dengan harapan bisa menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik untuk melanjutkan pejabat yang terdahulu, serta mampu berinovasi agar Kabupaten Banjar lebih maju.   

“ Mari kita bersinergi membangun Kabupaten Banjar, karena dgn kebersamaan insya Allah pasti bisa,” tutupnya.( MC/ Agus/ Kiki/ Hendra/ Dani/ Hendi/ Ronny)


Komentar