Puting Beliung Terjang Kecamatan Karang Intan, Pemkab Banjar Siap Koordinasi Bantu Korban

Martapura, InfoPublik - Hujan deras pada Sabtu (28/5/2022 ) sore di Kabupaten Banjar mengakibatkan beberapa rumah di terjang bencana angin puting beliung di dua desa yakni Desa Padang Panjang dan Desa Lok Tangga Kecamatan Karang Intan. 

Melalui Plt Kepala Pelaksana BPBD Banjar H. Sufrianto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait di dua desa tersebut. 

"Angin puting beliung di  kecamatan Karang Intan terjadi sekitar pukul 15.40 WITA Sabtu tersebut menyebabkan kerusakan rumah warga dan fasilitas umum di desa Padang Panjang , rumah rusak 1 buah dengan penghuni 3 jiwa, Desa Lok Tangga, rumah rusak  5 buah dengan jiwa 7 orang, kerusakan fasilitas umum berupa pos dan 1 musholla,"jelas Sufrianto. 

Ditambahkan Sufrianto untuk saat ini penanganan sementara ini para korban sebagian ditampung di tempat keluarga/tetangga terdekat, sebagian bertahan di rumah masing- masing. 

"Dalam waktu dekat Pemkab Banjar juga akan mendistribusikan bantuan kepada korban serta diimbau kepada warga agar waspada jika terjadi hujan deras disertai angin kencang karena berpotensi puting beliung dan sampai saat ini juga terus dilakukan pendataan pasca kejadian,"pungkas dia.

Selain puting beliung di hari yang sama di Kecamatan Karang Intan terjadi juga fenomena hujan bongkahan es batu dan menurut ahli dari BMKG merupakan hal yang wajar dan pernah sebelumnya terjadi di Kabupaten Tanah Laut pada April silam. (MC Kominfo Kab. Banjar/Pepen/Man)


Komentar