Program Listrik Pintar Rambah Lima Desa di Kecamatan Aranio

Aranio, Infopublik - Kecamatan Aranio merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Banjar yang saat ini memiliki 12 Desa. Semua Desa yang ada di Kecamatan Aranio semuanya berada pada Kawasan Hutan Konservasi.


Hal tersebut disampaikan Camat Aranio Harjunaidi saat pertemuan Sosialisasi Program Listrik Pintar, di Desa Benua Riam, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Selasa (21/6/2022).


Dikatakannya, hampir semua masyarakatnya lebih banyak tinggal di pinggiran Kawasan Waduk Riam Kanan, dengan kehidupan mereka ada yang berkebun, bertani, berternak. Sebagian kecil berdagang dan sebagian ada yang memanfaatkan Waduk Riam Kanan untuk memelihara Ikan dalam Keramba Apung.


"Sarana perhubungan yang masih mendominasi adalah Kapal Klotok sebagai angkutan yang menghubungkan dari desa yang satu ke desa lainnya,"ucap dia.


Ditambahkan Harjunaidi peternakan Sapi merupakan salah satu unggulan Kabupaten Banjar dalam rangka penyediaan daging sebagai sumber protein hewani.


Lebih dijelaskannya, sebenarnya Kecamatan Aranio banyak memiliki potensi-potensi yang nantinya bisa dikembangkan, karena Kecamatan Aranio memiliki Sumber Daya Alam yang sangat indah untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata.


"Namun saat ini hanya sedikit desa yang mengembangkan wisata, karena desa-desa lainnya masih cukup jauh untuk ditempuh oleh Wisatawan dan Biaya menuju tujuan wisata masih relatif mahal,"terang dia.


Dia jua menjelaskan Kecamatan Aranio juga terkenal dengan PLTA Riam Kanan, dan Waduk Riam Kanan merupakan sumber bagi kebutuhan pembangkit Tenaga Listrik di Banua ini.


"Ironisnya hampir kurang lebih 30 tahun berjalan dalam Kawasan Waduk Riam Kanan hanya beberapa desa yang teraliri listrik 24 jam, sedangkan sisanya 5 desa hanya bisa teraliri listrik 12 jam, sampai akhir tahun 2021,"ungkap dia.


Lebih lanjut diucapkan Harjunaidi "Alhamdulillah berkat perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar yang sungguh serius, dan semua pihak yang telah berpartisipasi dengan cara masing-masing, akhirnya LIstrik 24 jam di Desa Belangian, Artain, Paau, Kalaan dan Benua Riam dapat dinikmati masyarakat, melalui diluncurkannya Program Listrik Pintar mulai awal tahun 2022.


Pada pertemuan ini ada beberapa hal yang disampaikan oleh Manager Pemasaran PT.PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah secara garis besar disampaikan bahwa Program LIstrik Pintar adalah Program Layanan Listrik Prabayar yang memungkinkan pelanggan listrik dapat mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.


Seperti halnya pulsa isi ulang pada telepon seluler, pada system listrik pintar, pelanggan terlebih dulu membeli pulsa ( Voucer/token) listrik isi ulang melalui Gerai ATM sejumlah Bank atau melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online.


Lanjut, Camat Aranio Harjunaidi semoga Listrik Pintar ini dapat dipakai oleh semua masyarakat, dan berharap yang belum menggunakan Prabayar dapat beralih ke Prabayar, karena banyak kemudahan yang bisa digunakan. (IP Kab.Banjar/Brigade Aranio/Nono)


Komentar