Pramuka SD IT Robbani Gelar Perduha di Martapura

Martapura, InfoPublik – Ada banyak manfaat yang didapat dari perkemahan pramuka, baik manfaat untuk pribadi maupun manfaat untuk orang lain.

 

Hal tersebut disampaikan Ketua Yayasan Robbani H Yanuarsa, ketika bertindak sebagai pemimpin upacara, sekaligus membuka Perkemahan Dua Hari (Perduha) SD IT Robbani Banjarbaru, di Desa Taman Hudaya, Bincau, Martapura, Rabu (16/11/2022) sore.


 


Menurutnya, manfaat untuk pribadi adalah bisa mandiri dan bertanggung jawab karena berpisah dengan keluarga.

 

"Di sini tidak ada kasur bantal empuk, tidak ada kloset bagus dan AC yang sejuk, siap di gurun pasir, di darat, di air,  berpikir sendiri, membaca alam, terjaga dari egois dan kesombongan menang sendiri," ucap dia.

 

Sementara manfaat kedua adalah kebersamaan, dimana segala sesuatu yang dilakukan dilakukan atas dasar kegotong royongan, bahu membahu menyelesaikan pekerjaan. Ini dilakukan karena dengan kebersamaan hal-hal yang berat akan terasa ringan untuk diselesaikan.


 


"Menggali sumur, mendirikan tenda dan tidak bisa sendirian, harus dilakukan bersama-sama. Seperti halnya kemerdekaan RI yang diraih salah satunya karena kebersamaan para pendahulu," ujar dia.

 

Dirinya berpesan kepada para peserta perkemahan, agar menjaga dan mengasah kekompakan dalam kelompok. Mampu menunjukkan kreatifitas dan kerja sama saat pentas seni. Selain itu peserta juga diminta untuk bisa menjaga kesehatan.

 

"Jangan tidur terlalu larut malam, karena besok kita  gotong royong bereskan tenda, olahraga bersama, lakukan dengan senang hati dan gembira, dengan niat aku ingin menjadi anak saleh tangguh dan kreatif," tutup dia.

 

Kegiatan juga dimeriahkan dengan parade busana adat nusantara oleh siswa SD IT Robbani.

 

Sementara Ketua Kwarcab Banjar Nurgita Tiyas mengatakan, sangat mengapresiasi Kwarcab Banjarbaru yang telah memilih lokasi perkemahan di wilayah Kabupaten  Banjar.


 


"Ustadz ustadzah Robbani terima kasih banyak," ucap dia.

 

Pembukaan Perduha ini cukup menarik karena ada game yang dimainkan oleh Ketua Kwarcab Banjar berhadiah langsung berupa sejumlah uang saku bagi peserta perkemahan.

 

Menutup gamenya, Nurgita Tiyas berpesan kepada peserta untuk saling kerja sama satu sama lainnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ronny/Agusoke)

 


Komentar