Dinkes Gelar Pertemuan Pengelola Aspak UPT. Puskesmas se-Kabupaten Banjar dan Labkesda

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui Bidang Sumber Daya Kesehatan Seksi Fasilitas Kesehatan melaksanakan Pertemuan Pengelola Aplikasi  Sarana Prasarana dan Alat Kesehatan (Aspak) dengan UPT. Puskesmas Se Kabupaten Banjar Dan Labkesda Tahun 2022.

Acara yang dilaksanakan di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Kamis (1/9/2022) diikuti peserta 48 orang dari yang terdiri dari 1 orang kepala Puskesmas dan 1 orang pengelola ASPAK di tiap Puskesmas

Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna khairina mengatakan ASPAK merupakan sebuah aplikasi untuk membantu penyusunan perencanaan yang bermutu, baik di tingkat Dinas kesehatan kabupaten/kota maupun untuk rumah sakit. 

"Aplikasi ini dapat menjadi sebuah rujukan dalam perencanaan yang baik untuk pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan melalui ketersediaan data ataupun informasi yang valid, terbaru dan tepat waktu," ujar Yasna. 

Saat ini, dijelaskan Yasna updating perlu menjadi fokus pada setiap Dinas kesehatan kabupaten/kota maupun untuk rumah sakit dan diharapkan segera melakukan updating SPA-nya melalui ASPAK sebelum dilakukannya review atau penetapan, dan ASPAK Sebagai salah satu aplikasi sarana prasarana dan peralatan kesehatan berbasis web dan online ini tentunya akan terus mengalami perubahan dan perbaikan sehingga menuntut pihak dinas kesehatan dan Rumah Sakit untuk dapat terus menyesuaikan  program ini agar di dapatkan sebuah perencanaan yang baik dan benar.

Dalam kegiatan ini di harapkan semua data dari Aspak dapat di gunakan untuk :

1. Sebagai bahan perencanaan sarana, prasarana dan Alat Kesehatan di Puskesmas;

2. Inventarisasi dan pemetaan sarana, prasaran dan Alat Kesehatan di Puskemas;

3. Mendukung akreditasi fasilitasi pelayanan kesehatan serta pemenuhan standar sesuai klasifikasi/jenis fasilitas kesehatan;

4. Bahan usulan pengembangan fasilitas kesehatan di pelayanan dasar dan rujukan.

hadir pula Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dr. Widya Wuri Utami dan Kepala Seksi Fasilitas Kesehatan Kastolani serta 2 orang Nara Sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Muhammad Ansyari yang memberikan materi tentang tata cara pengisian Aspak dan Bapak Fahriadi Ariady yang memberikan  materi tentang Pelaksanaan Aspak Buat Perencanaan. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar