Perpustakan Daerah Melaksanakan Stock Opname Bahan Pustaka

Martapura, InfoPunlik - Dinas perpustakaan dan kearsipan melalui bidang perpustakaan yang di koordinatori oleh Hj.Noor Aida mulai melaksanakan stock opname. Kamis (6/10/2020)

Stock opname merupakan kegiatan pemeriksaan koleksi perpustakaan secara menyeluruh apakah koleksi itu masih sesuai dengan catatan yang dimiliki.

Selain berfungsi untuk mencocokkan kembali koleksi yang ada di rak dengan jumlah data inventaris, juga dapat sebagai sarana untuk melakukan pemeliharaan, karena dis amping memeriksa koleksi, buku–buku yang ada kemudian dibersihkan tidak terkecuali dengan tempat pemajangan buku/rak.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh para pustakawan dan petugas pelayanan dimana kegiatan ini berada dibawah kasi pelayanan dan pengembangan Nur Ainah.

Bahan koleksi yang di stock opname untuk saat ini karya umum (000) dengan jumlah 2.290 eksemplar dan filsafat dan psikologi (100) dengan jumlah 829 eksemplar, kegiatan stock opname ini menggunakan aplikasi inlislite versi 3.2 dimana kegiatan saat ini merupakan kegiatan yang kedua  sedangkan stock opname yang pertama dilaksanakan pada tahun 2020.

Tujuan pelaksanaan stock opname adalah untuk mengetahui jumlah koleksi,memperbaiki katalog,merapikan jajaran koleksi,verifikasi dan validasi data katalog dengan buku fisik.

Manfaat dari stock opname adalah untuk mempermudah penjumlahan dalam pengkatagorian dan memudahkan pemustaka dalam mencari koleksi di rak.

Perpustakaan sebagai penyedia informasi harus dapat memberikan layanan yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses informasi dengan cepat, tepat, dan akurat.

Agar perpustakaan dapat memberikan layanan secara maksimal, maka koleksi perpustakaan juga dikelola dan dirawat dengan baik. Terawat dengan baik artinya secara fisik maupun kandungan informasi yang tersimpan tetap bisa digunakan walaupun usianya sudah usang.

Salah satu kegiatan pemeliharaan atau perawatan koleksi yang dapat dilakukan adalah Stock Opname. Pelayanan perpustakaan daerah kab. Banjar tetap dibuka seperti biasa selama kegiatan stock opname.

Sementara kegiatan tersebut Perpustakaan hanya akan membatasi layanan peminjaman buku dari kalisifikasi 000 dan 100 tidak dapat dipinjamkan namun klasifikasi buku yang lain tetap dapat dipinjam dan nantinya akan dilakukan stock opname sesuai urutan klasifikasi buku.(IP. Kab. Banjar/Brigade/Dispersip)


Komentar