Pentingnya Lintas Sektoral Mendukung Pencegahan dan Penurunan Stunting

Gambut, InfoPublik - UPT Puskesmas Kecamatan Gambut laksanakan lokmin lintas sektoral peran dan tanggung jawab Linsek dalam pencegahan dan penurunan stunting, Rabu (16/11/2022).

Camat Gambut Ahmad Fauzan mengajak semua pihak terkait untuk sama sama menangani stunting yang terdeteksi di beberapa titik di wilayah Kecamatan Gambut, melalui upaya pencegahan penurunan angka stunting sedini mungkin, karena stunting ini merupakan permasalahan bersama dan harus diselesaikan secara berama sama.

Melalui sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar drg. Yasna Khairina mengungkapkan bahwa sebenarnya stunting ini adalah terkait permasalahan gizi anak, bersumber dari permasalahan ekonomi.

Yasna, berharap masyarakat rajin dan rutin membawa anak bayi dan balita mereka untuk  ke posyandu. Posyandu merupakan Lembaga Kesehatan Masyarakat (LKM). 

Berbicara terkait stunting ini berhubungan dengan tinggi badan anak dan juga gizi anak, yang tidak bisa dihilangkan secara cepat dan tentunya perlu pemantauan berkala dan berkelanjutan, walaupun sebenarnya orang pendek itu belum tentu stunting tapi stunting pasti pendek. 

Tindak lanjut dari kegiatan hari ini adalah Pelaksanaan jadwal kegiatan UMKB dari oleh dan untuk desa dengan penanggung jawab desa/ kelurahan. Jadwal kegiatan posyandu pada jam kerja (pagi hari). 

Pada saat posyandu semua lintas sektoral yang terlibat wajib hadir di 8 meja. Sebelum hari pelaksanaan pengumuman  hari pelaksanaan harus disampaikan. Kader Menyiapkan tempat dan PMT bayi dan balita. 

Bayi dan balita yang tidak datang ke posyandu, ada petugas datang ke desa (kader, babinsa dan babinkamtibmas ke posyandu). Apabila selama tiga kali berturut turut tidak datang ke posyandu maka akan ada sanksi dari desa. Lurah dan pambakal selaku perwakilan agar melakukan sosialisasi SPM kepada masyarakat. 

Hadir Sekretaris Dinas Kesehatan Holdani, Koramil Gambut Kapten Cba. Hero Sutarsun, Kapolsek Iapda H. Susbandi, Korwil Dinas Pendidikan, UPT. KB, Kepala KUA Zulkipli, pambakal, bidan desa dan Kader posyandu se Kecamatan Gambut. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar