Pemkab Banjar Siapkan 10 Ribu Peserta Pelatihan Pengembangan SDM Digital Talent Scholarship

Martapura, InfoPublik - Rapat Koordinasi (Rakoor) Rencana Kerja Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Digital Talent Scholarship (DTS) Kabupaten Banjar tahun 2022 dilaksanakan di Aula Baiman Lt.3 Bappeda Litbang, Martapura Selasa (23/11/2021) pagi.

Sebagai tindak lanjut dari review dan pembahasan program pengembangan SDM DTS beberapa waktu lalu,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melaksanakan Rakoor ini bersama Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin yang dilakukan secara Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar.

Turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri,Kepala DKISP Banjar H.M.Aidil Basith,Sekretaris DKISP Banjar Faisal,Kepala Bidang IKP DKISP Banjar M.Hamdani,Kepala Bidang Egov DKISP Banjar Cornelius Kristianto,Perwakilan SKPD terkait dan Perwakilan NU Cabang Kabupaten Banjar,serta secara Zoom Meeting diikuti oleh Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Hararap dan Firda juga dari BPSDMP Kominfo Banjarmasin.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H.Masruri mengatakan Rakoor ini dalam rangka persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Pemkab Banjar dari berbagai SKPD dan Organisasi Kemasyarakatan seperti dari Nahdlatul Ulama (NU) untuk perekrutan peserta pelatihan.

"Ada 7 macam pelatihan yang akan dilaksanakan yaitu  Goverment Transformation Academy (GTA),Profesional Academy (Pro), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Fresh Graduate Academy (FGA), Thematic Academy (TA) dan Talent Scouting Academy (TSA)"katanya.

"Dari 7 macam Pelatihan tersebut di sesuaikan dengan jenis pelatihan dengan kebutuhan pelatihan apa yang cocok untuk SKPD terkait serta perekrutan jumlah peserta pelatihan"ujarnya.

Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin mengungkapkan bahwa sesuai permintaan Pemkab Banjar untuk melakukan pelatihan sebanyak 10 ribu peserta,dengan tujuan untuk mentransformasikan dari konvensional menjadi digital.

Sementara itu Firda dari BPSDMP Kominfo Banjarmasin menambahkan pelatihan-pelatihan yang akan dilaksanakan antara lain untuk pelaku usaha atau yang mau memulai usaha,pelatihan untuk ASN dan Non ASN,untuk lulusan yang belum bekerja dan menyediakan tenaga kerja terampil.

(Reporter Kab.Banjar/Faidillah/Hendra)


Komentar