Pemkab Banjar Lakukan Sidak, Pastikan Sembako Aman

Martapura, InfoPublik - Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan I Gusti Made Suryawati beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dalam rangka monitoring dan evaluasi harga bahan pokok dan harga barang penting lainnya di Pasar Bauntung Batuah Martapura, Kamis (7/4/2022) pagi.


Dari hasil monitoring di lapangan, Habib Idrus Al Habsyie menyampaikan secara umum harga sejumlah bahan pokok dan bahan penting (Bapokting) lainnya masih stabil dan stok ketersedian selama bulan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H masih aman terkendali. 


"Alhamdulillah untuk di Pasar Batuah ini ketersediaan bahan pokok dan komoditi lainnya aman terkendali hingga hari raya Idul Fitri nanti. Meski mencukupi, namun beberapa komoditi seperti daging dan ayam potong mengalami kenaikan harga hingga Rp. 5 ribu,” katanya.


Berdasarkan pengakuan pedagang, lanjut Wakil Bupati Banjar, kenaikan harga tersebut terjadi akibat pengiriman kargo di luar Jawa dibatasi.


“Semoga hingga Hari Raya Idul Fitri nanti, harga komoditi kebutuhan pokok di Kabupaten Banjar tidak naik lagi. Kepada pedagang jangan menaikan harga semaunya,” pesannya.


Sementara itu dalam mengantisipasi lonjakan dan menekan harga kebutuhan pokok, Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati mengatakan salah satunya yaitu menggelar pasar murah di 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar. 


"Warga bisa datang dengan membeli bahan kebutuhan pokok dan barang lainnya dengan harga terjangkau. Pasar murah akan  lebih difokuskan pada penjualan minyak goreng, harganya nanti sesuai dengan HET yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan yakni sebesar Rp 14 ribu per-liter," jelasnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fuad/Prs)


Komentar