Pemkab Banjar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Terampil Kontruksi di Kecamatan Aranio

Pemkab Banjar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Terampil Kontruksi di Kecamatan Aranio


Aranio,InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas PUPR menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Terampil Konstruksi, di Kecamatan Aranio. Kamis (18/11/2021).


Maksud dan tujuan dilaksanakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Terampil Konstruksi, yaitu dalam rangka untuk melaksanakan kegiatan pembinaan pada Tenaga Kerja Konstruksi Bidang Jasa Konstruksi dan untuk memberdayakan masyarakat konstruksi secara mandiri serta meningkatkan SDM Konstruksi di Kabupaten Banjar


Narasumber Pelatihan ini dari Bidang Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR Banjar dan Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi dilaksanakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin. Peserta yang terlibat masing-masing dihadiri oleh Perwakilan 12 Desa di Kecamatan Aranio sebanyak 24 orang.


Biaya atas pelaksanaan kegiatan ini dibebankan pada DPA Dinas PUPR Banjar.


Pada awal sambutannya Camat Aranio Harjunaidi menyampaikan Ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas PUPR yang telah memberikan respon positif terhadap kebutuhan Tenaga Terampil di Kecamatan Aranio, terkhusus untuk mendapatkan Sertifikasi Tenaga Terampil Jasa Konstruksi.


"Kegiatannya dapat direalisasikan pada tahun 2021 ini. Diharapkan kegiatan ini dapat diikuti oleh semua Peserta sampai selesai, karena ini merupakan kesempatan yang baik,"harapnya.


Sementara itu Kepala Dinas PUPR Banjar, Akhmad Solhan dalam kata sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya memiliki Sertifikat Kompetensi Tenaga Kerja Terampil Konstruksi, secara garis besarnya yaitu :


-   Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Terampil Konstruksi di Kecamatan Aranio adalah bentuk Kepedulian Pemerintah daerah untuk melakukan.


Pembinaan kepada masyarakat, agar dapat bekerja secara mandiri dan sejalan dengan UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.


-  Keberadaan Sektor Jasa Konstruksi sangat penting sekali, mengingat sektor Jasa Konstruksi merupakan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan bangunan yang


berfungsi sebagai pendukung atau prasarana aktifitas ekonomi kemasyarakatan dan menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional.


-   Kita akan menghadapi persaingan Global dengan masuknya Tenaga Kerja Asing ke Indonesia. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri dengan kemampuan


Keterampilan yang memadai, terkhusus saat ini telah dibukanya pintu lapangan kerja bagi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).


-   Memiliki Sertifikat sebagai Tenaga Kerja Terampil di Bidang Jasa Konstruksi, berarti suatu Legalitas dan Pengakuan Pemerintah atas Kemampuan yang kita miliki,


sehingga dapat dipergunakan sesuai dengan bidang kita.


Lebih lanjut, Camat Aranio berpesan agar Sertifikat Pelatihan nantinya dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan Semoga Kegiatan Pelatihan hari ini mendapat Ridho dari Allah SWT. (IP Kominfo Kab.Banjar/Brigade Aranio/Nono)



Komentar