Pemkab Banjar Bersama Pihak Swasta Tanam 3.224 Pohon

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar berkolaborasi dengan  PT United Tractors Tbk (UT) melalui program CSR Lingkungan (UTREES) bersama Bina Pertiwi, Patria, Patria Miaritim Perkasa, Patria Maritime Line dan Traktor Nusantara serta Pemerintah Desa Padang Panjang dan 7 Desa Proklim menyelenggarakan penanaman 3.224 pohon di kawasan Bukit Bandangan, Kamis (6/10/2022).

Kepala Dinas PRKPLH Mursal dalam laporannya menyampaikan latar belakang kegiatan penanaman 3.224 pohon bersama UT Group yakni dalam rangka memperingati hari habitat internasional, serta sebagai salah satu dukungan dari pihak swasta terhadap program menanam bersama manis yang merupakan inovasi pemerintah Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini bertujuan memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat pentingnya menanam pohon, untuk menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup, menekan dampak perubahan iklim, serta meningkatkan Index Kualitas Lahan.

"Desa Padang Panjang merupakan salah satu dari 8 desa proklim yang mendapatkan bantuan program UTREES dan sebagai 1 titik lokasi penanaman pohon yang dilakukan DPRKPLH bersama masyarakat," ujar dia.

Dikatakannya, Penanaman ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia dimana tema Hari Habitat Sedunia 2022 adalah "Mind the Gap. Leave No One and Place Behind". UT Group terus berkomitmen untuk mengurangi penyebaran karbon di udara salah satunya dengan metode penanaman pohon bersama DPRKPLH.

"Penanaman ini dilaksanakan secara bertahap di desa yang sudah terdaftar sebagai desa proklim sebanyak 3.224 pohon jenis produktif, bernilai ekonomis tinggi dan mempunyai daya serap yang tinggi terhadap unsur Karbon," jelas dia.

Program ini turut dihadiri oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengucapkan ribuan terima kasih kepada UT Group yang sudah memberikan 3.224 bibit yang bernilai ekonomis.

Prosesi penanaman simbolis yang dilakukan oleh Bupati, Anggota DRPR Banjar, Kajari, kapolres, Camat, Kepala Dinas PRKPLH, Perwakilan UT Group dan seluruh kepala desa proklim yang mendapatkan program UTREES.

Kasi KSDAPLH Yunida menyatakan Penanaman pohon dilakukan dlm rangka peningkatan tutupan lahan.

"Dengan meningkatnya tutupan lahan akan memperbaiki kondisi iklim setempat (iklim mikro) Penanaman pohon merupakan salah satu upaya  mitigasi dalam  perubahan iklim," papar Yunida

Kolaborasi lintas instansi ini merupakan bentuk komitmen United Tractors dalam memberikan kontribusi positif bagi lingkungan melalui penanaman pohon sebagai implementasi prinsip ESG.

lokasi penanaman dilakukan pada fasilitas umum Kebun PKK Desa Padang Panjang sebagai bentuk perlindungan dan tutupan lahan terhadap daerah yang masih perlu tutupan lahan sehingga  dapat meningkatkan indeks kualitas lahan serta dapat tercapai target tutupan lahan yang akan menjadikan Kabupaten Banjar Manis, Maju Mandiri dan Agamis dapat tercapai(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar