Pembinaan Pemerintahan Desa Menjadi Fokus Perhatiaan Pemerintah Kecamatan Gambut

Gambut, InfoPublik - Tim Pembinaan Pemerintahan Desa kembali melakukan Kunjungan Pembinaan di Desa Malintang Baru, Senin (31/10/2022).

Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan pembinaan yang merupakan implementasi dari berbagai Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya terhadap Pambakal, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang menghadirkan berbagai Narasumber baik Pejabat dari Dinas PMD maupun Tenaga Ahli dari Kabupaten Banjar.

Kasi Pemerintahan selaku Sekretaris Tim Syahrani menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kunjungan keempat ini adalah Desa Malintang Baru juga sebagai salah satu Desa terpilih yang diusulkan Kecamatan Gambut sebagai Role Model Pembangunan Desa Berintegritas yang akan didampingi bahkan dibina langsung Inspektorat Daerah Kabupaten Banjar.

Kunjungan dipimpin langsung Ketua Tim yang juga Sekcam Gambut H. Zakaria yang dihadiri Pambakal Ali Nordin Sekdes Syahril dan  Perangkat Desa lainnnya dan Ketua BPD H. M. Natsir serta Anggota BPD.

Pambakal Malintang Baru Ali Nordin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Tim yang berkenan melakukan pembinaan sekaligus diharapkan ikut menata tertibkan administrasi desa serta meningkatkan kapasitas Perangkat Desa. 

Ia juga mengharapkan ada pembinaan administrasi BPD serta peningkatan kapasitas Pimpinan dan Anggota BPD hingga mampu menjadi mitra strategis Pambakal.

Hadir sekaligus memberikan sambutan Kanit Binmas I Ketut Sukarta mewakili Kapolsek mengharapkan agar roda pemerintahan dan layanan terhadap masyarakat bisa berjalan lancar, kondisi kamtibmas aman, kondusif dan terkendali hingga aktivitas masyarakat berjalan normal, serta pihak Desa bisa selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas.

Sedangkan H. Zakaria, menyampaikan bahwa Monitoring, Pembinaan dan Evaluasi ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam rangka perbaikan dan peningkatan Kecamatan Gambut ke depan dengan fokus Harmonisasi hubungan antara Pambakal, Perangkat Desa dan BPD Buku Administrasi Pemerintahan Desa (27 buku), Administrasi BPD berupa Struktur Organisasi, Tata Tertib BPD dan Buku Administrasi (15 buku) Pelaksanaan Pembangunan Fisik berikut penyelesaian Administrasi Keuangannya, Dalam membuat perencanaan agar dipisahkan antara kewenangan Desa dan bukan kewenangan Desa, Data data terkait Kesejahteraan Sosial, Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat  seperti eksistensi dan kiprah  Kepala, Lingkungan, Ketua RT dan Linmas di Desa.

Hasil dari kunjungan ini didapatkan bahwa sebagian besar yang menjadi fokus terkait Administrasi Pemerintahan Desa maupun BPD yang disebutkan di atas sudah dimiliki dan sebagian sudah dapat dikerjakan  Pemerintahan Desa Malintang Baru.

Hingga Tim patut memberikan apresiasi positif terhadap Pemerintahan Desa Malintang Baru. Tim juga didukung penuh para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa di bawah komando Iswara Wahyuni.

Pada bagian akhir ditegaskan Kasi Pemerintahan Kecamatan Gambut, bahwa di Tahun Anggaran 2023 dilakukan pengembangan dan pengkhususan kegiatan yg lebih difokuskan pada Pembinaan Sumberdaya Manusia baik untuk Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, Sistem Pengelolaan dan Pelaporan  Keuangan Desa dan Penatausahaan Aset Desa.

Ditegaskan Camat Gambut Ahmad Fauzan selaku Pembina Tim, mengharapkan agar monitoring, pembinaan bahkan hasil evaluasi dari Kunjungan Tim ini dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi Desa untuk perbaikan ke depan terlebih kaitan dengan data kependudukan dan pertanahan hingga roda pemerintahan berjalan baik, pembangunan berjalan lancar serta pelayanan terhadap masyarakat juga meningkat harapnya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar