Pelatihan Budidaya Jahe Merah Kegiatan Demfarm Jahe Merah di Desa Kahelaan

Martapura,InfoPublik – Sebagai upaya pemberdayaan petani lokal dalam pengolahan tanaman rempah, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar melaksanakan Pelatihan Budidaya Jahe Merah kegiatan Demfarm jahe merah, di Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (10/11/2021).


Kegiatan tersebut dilaksanakan dihadiri di empat Kelompok Tani yaitu Mekar Tani, Maju Bersama, Harapan Masa dan Sumber Mulia.


Hadir pada kegiatan tersebut Kabid TPH Nurul Chatimah, Kasi Produksi Tanaman Hortikultura, Koordinator BPP Kec. Sungai Pinang, Mantri Tani Kec. Sungai Pinang, dan POPT.


Nurul Chatimah menjelaskan Demfarm merupakan upaya pemberdayaan petani melalui penerapan langsung (lapang) teknologi yang direkomendasikan dan sudah teruji Badan Litbang Pertanian. Seperti yang masyarakat kenali, jahe merah sangat mengandung banyak manfaat, sehingga olahannya sebagai obat tradisional atau dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sangatlah dibutuhkan.


“Tanamannya ternyata dapat dibudidayakan dengan mudah, bahkan di rumah sendiri. Jahe Merah dapat ditanam di lahan terbuka secara langsung atau ditanam menggunakan Polybag jika tidak memiliki lahan yang luas,”pungkasnya. (IP Kominfo kab.banjar/Brigade Distph/Syaripuddin/Man)



Komentar