Ditjen Kemenkes Lakukan Monev Penerapan KTR di Wilayah Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Ditjen Kemenkes RI) melaksanakan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Selasa (30/8/2022).

Kegiatan kunjungan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Wilayah Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Seksi P2PTM dan Keswa Candra Galuh Tri Ardiani, S.ST, MM yang  dilanjutkan dengan sambutan dan paparan materi oleh 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar drg.Yasna Khairina menyampaikan tentang gambaran secara umum sejauh mana berjalannya penerapan KTR di wilayah Kabupaten Banjar. 

Lebih lanjut, Yasna menjelaskan masih banyaknya kendala yang dihadapi dalam penerapan KTR ini. Penerapan Kawasan Tanpa Rokok tidak akan berhasil tanpa komitmen dan tanggung jawab dari seluruh komponen bangsa, baik individu, masyarakat maupun pemerintah.

"Kedepannya diharapkan adanya saran dan masukan dari pihak kementerian untuk keberhasilan program ini dalam rangka terwujudnya “ Kabupaten Banjar Maju, Mandiri dan Agamis” yang tertuang dalam visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banjar Tahun 2021-2026 dengan misi Peningkatan kualitas hidup dan kualitas sumber daya manusia," pungkas dia. 

Selanjutnya pihak kementerian melanjutkan kegiatan monitoring dan evaluasi penerapan KTR ini dengan melakukan peninjauan dan kunjungan  ke 7 (tujuh) kawasan tanpa rokok yaitu SMP  Negeri 1 Martapura Barat, UPT Puskesmas Martapura Barat, Kantor kepala Desa wilayah Martapura Barat, Tempat Ibadah Masjid Al Karomah Martapura, Terminal Angkutan Umum Pasar Martapura, Taman Bermain Cahaya Bumi Selamat dan Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalecha Martapura.

Dengan adanya kunjungan monitoring dan evaluasi ini diharapkan penerapan KTR di wilayah Kabupaten Banjar yang dilakukan dapat berjalan maksimal demi terwujudnya peningkatan derajat Kesehatan masyarakat Kabupaten Banjar.

Hadir Perwakilan Kemenkes Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kepala Seksi dan staf P2PTM dan Keswa Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar,  Kepala Seksi dan staf Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala UPT Puskesmas Martapura Barat, Dokter UPT Puskesmas Martapura Barat dan Pengelola Program KTR UPT Puskesmas Martapura Barat. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar