Mengenalkan Ketahanan Seni dan Budaya Banjar Kepada Generasi Muda

Martapura, InfoPublik - Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar kembali  melaksanakan Sosialisasi Ketahanan Seni Budaya  dengan tema  “ Peran Generasi Muda Dalam Mempertahankan Seni dan Budaya Banjar”, Rabu  (3/8/2022).


Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala  Badan Kesbangpol Safrin Noor dengan menghadirkan Narasumber dari Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Banjar, H. Humaidi Saleh, dengan mengundang peserta dari perwakilan SMA/SMK, SMP, dan Ormas   Kabupaten Banjar.


Safrin Noor menyampaikan yang terhormat  narasumber beserta siswa-siswi, terima kasih telah berhadir diacara kegiatan hari ini, tujuan kegiatan sosialisasi ini ialah menumbuhkan kesadaran dalam dirinya agar dapat mencintai dan menghargai kesenian daerah yang dimiliki karena kesenian juga menunjukkan identitas dan jati diri dari banua kita, Mengenalkan seni budaya  juga bisa membuat anak milenial sekarang lebih menghargai keberagaman budaya yang ada di sekitarnya.


Sedikit tambahan dari saya mengingatkan untuk para hadirin sekalian agar serius dalam memilih hak pilihnya pada tanggal 14 Febuari 2024 dalam memilih  presiden, wakil presiden, DPR,DPRD Tingkat II, dll kami mengharapkan hak pilihnya, dan memberikan pemahaman tentang peraturan pemilihan umum khususnya yang pada saat pemilihan berumur 17 tahun atau lebih merupakan pemilihan pertama yang diikutinya menjadikan para pemilih pemula menjadi pemilih yang cerdas bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,” ucap dia.


Madihin dan lumut tidak lupa memeriahkan acara sosialisasi pada hari ini yang menampilkan Madihin Banjar, sangat menghibur peserta yang berhadir.


Wasis Nugraha menyampaikan apa yang ditampilkan dalam pentas seni madihin tadi kita ambil, kita petik pesan moral yang ada dalam penyampaiannya, bagaimana peran milenial mengembangkan budaya local dan pesan moral yang harus di ambil, menghindari narkoba, jauhi narkoba jangan sampai terpengaruh pada lingkungan sekitar, untuk itu kita mulai dari sekarang jauhi hal-hal yang dapat merugikan kita serta orang sekitar,  dan juga jangan sampai kita tidak mengenal budaya local sekarang.


Humaidi Saleh mengatakan dengan pelestarian Seni Budaya Daerah yang Sebagian ada yang hampir punah, ini tentunya peran generasi muda sangat diharapkan,  dan sangat berperan dalam meningkatkan, mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan tidak terkecuali spiritual, tentunya banyak hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan seni Budaya daerah dengan tidak bertentangan norma-norma hukum, Agama dan Sosial Budaya.


Terkadang ada yang tidak memahami terhadap dikembangkannya Seni Budaya, ada anggapan hanya membuang-buang waktu, ada beranggapan pemborosan dana semuanya menyudutkan para pelaku seni dan budaya. Padahal berkembangnya seni budaya tentunya tidak terlepas dari kepedulian seniman atau budayawan yang tanpa pamrih berjibaku, fungsi seni budaya pun berperan dalam sebagai hiburan, sebagai media komunikasi, sebagai media Pendidikan serta sebagai pelestarian.


Perlu disadari kita semua, seni budaya sangat berperan dalam rangka ketahanan mental dan budaya bangsa menuju ketahanan Nasional. (IP Kab. Banjar/Brigade/Yati/Kesbangpol)


Komentar