Capaian Imunisasi Terus Ditingkatkan, Pemkab Banjar Launching Percepatan BIAN

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak, Pemerintah Kabupaten Banjar melaunching Vaksinasi Anak pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Kegiatan yang diselenggarakan di SDN Indrasari 2 Martapura dibuka oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur Bersama Forkopimda Banjar, Senin (18/7/2022).

BIAN merupakan kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian Imunisasi Kejar pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap.

Vaksin yang diberikan pada saat BIAN adalah Vaksin Campak-Rubela, Vaksin Polio (OPV dan IPV), dan Vaksin Pentavalent (DPT-HB-Hib) dan rekomendasi WHO serta dari Badan POM.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan saat ini penduduk Kabupaten Banjar berjumlah kurang lebih 565.635 jiwa (Dalam Angka 2021) dan merupakan kabupaten/kota terbanyak penduduknya setelah Kota Banjarmasin.

"Target Total untuk Imunisasi Campak Rubela atau dulu disebut MR adalah 130.065 artinya jumlah anak usia 9 bulan sampai 12th yang harus disuntik campak rubella adalah sebesar itu,"ujar Saidi.

Sedangkan capaian kita baru 14.460 atau baru mencapai 11,60% dari target sasaran menduduki peringkat terakhir dari 13 kabupaten kota lainnya, masih sangat jauh sekali dari target, begitu juga dengan imunisasi rutin lainnya.

"Adapun permasalahan saat ini adalah masih belum semua masyarakat mempunyai kesadaran yang tinggi untuk ikut mengimunisasi anaknya karena dikira sama dengan vaksin covid-19,"jelas dia.

Ditambahkan Saidi, ini sebenarnya sama dengan vaksin dulu untuk anak sekolah agar daya tahan tubuhnya meningkat terhadap berbagai macam penyakit dan dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan ini hadir Plt. Kepala Disdik Banjar Liana Penny, Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna Khairina, Kepala Dinsos P3AP2KB Banjar, Kabid Surveilans dan Imunisasi Linda Yuniarti, Kasi Surveilans dan Imunisasi Noripansyah, para Kepala Sekolah se-Kabupaten Banjar dan Staf Dinkes Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar