Koordinasi Forum Diskusi Politik di Kecamatan Martapura Timur

Martapura,InfoPublik - Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar gencar melakukan kegiatan koordinasi forum diskusi politik, dengan tema “ Peranan dan Kinerja Wakil rakyat Dalam Melayani Penyaluran Aspirasi Masyarakat di Kabupaten Banjar” kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Martapura Timur, Kamis (10/11/2022).

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Badan Kesbangpol mewakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar, hadir Camat martapura Timur Guslan, Adapun narasumber  dari kegiatan ini Ida Saptika Dewi Kabid Politik  Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Komisi III DPRD Mulkan. Acara ini di ikuti  peserta yang terdiri dari TNI, Polri, Martapura Timur, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, unsur Kecamatan, dan BPD.

 

Tujuan diselenggarakan koordinasi Forum diskusi politik untuk memberikan pemahaman memberikan tatacara penyampaian aspirasi masyarakat ke wakil rakyat yang ada di DPRD Kabupaten Banjar.

 

Wasis Nugraha menyampaikan dalam konteks peranan partai politik pada tingkat kecamatan misalnya mestilah memahami anatomi masyarakat baik struktural mulai tingkat RT, RW, Desa, Kelurahan sampai Kecamatan maupun substansial. Artinya memahami apa yang diinginkan dan dirasakan masyarakat. Hal itulah yang perlu diserap. Dengan demikian Partai Politik akan menjadi mediator gagasan akar rumput dan dengan demikian akan mendapat kejelasan apa yang harus diperjuangkan untuk masyarakat.

 

"Satu hal mesti kita pahami dan upayakan fungsi pemerintahan, bagaimana menciptakan suatu kondusif tidak terlihat tapi dapat dirasakan, masyarakat bisa melaksanakan kegiatan sehingga tidak ada problem atau masalah kegiatan sehingga tidak ada problem atau masalah," jelas Wasis.

 

Ida Saptika Dewi menyampaikan partai politik yang dibentuk oleh sekelompok warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, bangsa dan negara jelas bahwa memang partai politik merupakan sarana, alat, wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya.

 

“Dalam suasana demokrasi, persaingan dan perbedaan pendapat dalam masyarakat merupakan asal yang wajar, jika terjadinya suatu konflik dalam pemerintahan maka partai politik berusaha untuk mengatasinya, sehingga terciptanya iklim yang kondusif serta sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa untuk menyejahterakan masyarakat serta dalam menyampaikan aspirasi jangan lewat demo maupun aksi anarkis,"tutur Ida.

 

Ketua Komisi III DPRD Banjar Mulkan mengatakan yang mana autput autkam nanti peranan dan kinerja wakil rakyat dalam melayani aspirasinya di Kabupaten Banjar, menurut para ilmuan politik adalah usaha dalam masyarakat yang lebih baik untuk mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan kekuasaan tertinggi ialah ditangan rakyat.

 

“Diungkapkannya, ketika seseorang diberikan amanah untuk urusan rakyat amanah tersebut semua keputusannya ialah untuk kesejahteraannya, dan kami fungsi DPRD membuat aturan untuk menyelesaikan masalah tersebut,” tutup Mulkan.

 

Acara dilanjutkannya sesi tanya jawab kepada peserta yang berhadir. (IP Kab. Banjar/Brigade/yati/Kesbangpol)


Komentar