Invesment Day Petani Milenial Perkebunan

Martapura, InfoPublik – Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan, melaksanakan kegiatan “Invesment Day Petani Milenial Perkebunan” dengan tujuan Pembinaan Penumbuhan Wirausaha Petani Milenial Perkebunan dengan jumlah peserta 1.000 orang peserta dari beberapa Provinsi di Indonesia, Jum’at (11/11/2022).

 

Kegiatan ini dilaksanakan di IPB International Convention Center Kota Bogor Jawa Barat Selama 3 (tiga) Hari 9 -11 Nopember 2022.

 

Dari Provinsi Kalimantan Selatan terpilih Jaringan Pertanian Nasional (JPN) KOMDA BANJAR 61 PPHPBUN Kabupaten Banjar yang mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dengan alokasi petani milenial 30 orang peserta petani milenial, 2 Orang Pendamping dari Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan dan 3 Orang Pendamping Dari Dinas Pertanian Kabupaten Banjar.

 

Program kegiatan ini juga adalah mendorong para petani milenial dipermudah akses dalam mendapatkan modal dalam usaha mereka melalui Kredit Usaha Rakyat (TANIAKUR) dengan bunga rendah, penilain ini melihat trend capaian komoditi perkebunan mampu bertahan pada saat ekonomi sedang terpuruk, komoditi perkebunan malah berbanding terbalik dengan trend positif dan semakin meningkat pada sector ekspor.

 

Kepala Bidang Sarana Pertanian Nurul Chatimah dan Kepala Bidang Penyuluhan Hj.Retno Sri Murwani mengatakan bahwa petani milenial harus menjadi pilar pembangunan pertanian di masa depan, mereka  target utama regenerasi  petani yang mempunyai inovasi dan kreatifitas.

 

“Dalam hal menghadapi  Era Ekonomi Digital ke depan, mereka kunci untuk mendongkrak kualitas sumberdaya manusia di bidang pertanian, untuk menumbuh kembangkan kewirausahaan muda pertanian dan mensejahterakan kehidupan di Indonesia,” tutup dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan)


Komentar