Inspektorat Kawal Pembangunan Desa Berintegritas

Martapura, InfoPublik - Inspektorat Kabupaten Banjar melaksanakan sosialisasi tentang pembangunan desa berintegritas, di Hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan dilangsungkan selama dua hari  sekaligus dirangkaikan dalam rangka peringatan hari anti korupsi sedunia Tahun 2022.

Sosialisasi Pembangunan Desa Berintegritas yang mengambil berkolaborasi membangun desa manis tanpa korupsi tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan Pemerintahan Desa yang memenuhi prinsip-prinsip transparansi, Akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran.

Sekda Banjar HM Hilman menyampaikan untuk tahap awal dalam pelaksanaan program pembangunan Desa Berintegritas tersebut ada 20 Desa yang diusulkan untuk menjadi Desa percontohan Pembangunan Desa Berintegritas.

"Pembangunan Desa Berintegritas pada 20 desa ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi seluruh desa di Kabupaten Banjar dalam memberikan kontribusi yang signifikan dan selaras dengan upaya mewujudkan  visi dan misi kepala daerah," ujar Hilman.

Sosialisasi diisi oleh narasumber dari Polres Banjar, Ombudsman Kalsel, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Martapura, Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, DPMD Kabupaten Banjar serta narasumber dari Inspektorat sendiri.

Pembangunan Desa berintegritas merupakan hasil kolaborasi antara Inspektorat dan seluruh perangkat daerah terkait untuk membangun agar pemerintahan desa dan warganya selalu berupaya untuk bersikap dan bertindak sesuai dengan etika dan moral yang berlaku secara menyeluruh.

Tujuan dari Pembangunan Desa berintegritas adalah untuk mewujudkan pemerintahan desa yang baik meliputi pemerintah desa yang berkinerja, pelayanan publik yang prima dan bebas dari korupsi.

Untuk selanjutnya, Tim Inspektorat akan turun langsung ke desa untuk melakukan pendampingan bagi dua puluh desa yang terpilih.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh M.Rianto dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel, Wakapolres Banjar Kompol M.Fihim,  Camat serta dihadiri oleh 20 Pemerintah Desa yang terdiri dari Pambakal beserta Aparat Desa dan BPD. (IP Kab. Banjar/Brigade Inspektorat)


Komentar