Imbas Positif Didapatkan IKM Banjar pada Pagelaran MTQ Nasional Expo 2022

Martapura, InfoPublik - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Expo 2022 yang digelar dari tanggal 12 s.d 16 Oktober 2022 di RTH Ratu Zalecha Martapura sudah usai dan menyisakan dampak yang memang sudah diharapkan oleh para pelaku usaha/IKM Kabupaten Banjar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Banjar, I Gusti Made Suryawati saat ditemui di kantornya, Senin (17/10/2022).

"Kita ketahui bersama bahwa Ketua Dekranasda Banjar, Hj. Nurgita Tiyas Saidi Mansyur, sangat perhatian kepada para pelaku usaha / IKM Kab. Banjar dan beliau berpesan agar pada saat MTQ Nasional Expo 2022 kita hadirkan produk produk IKM yang berasal dari 9 produk unggulan dan menunjukkan kearifan lokal Kab. Banjar," ujar dia.

Terbukti ketika MTQ Nasional Expo 2022 stand Pemkab Banjar menjadi stand dengan paling banyak dikunjungi dan produk produk pelaku usaha/IKM rata rata laku dibeli oleh para pengunjung.

" Produk yang sangat laku dicari oleh para pengunjung adalah kain khas sasirangan, kerajinan arguci, kerajinan tas dan gantungan manik manik serta kerajinan batu permata dan batu mulia. Sedangkan produk makanan yang sangat laku dicari adalah kue klepon oven, kue lapis legit, kue semprong dan untir-untir," tambah Made.

Kabid Perindustrian, Lily Agustriana menambahkan bahwa hal itu sangat berdampak positif bagi pelaku usaha/IKM Kab. Banjar karena produk-produk mereka laku dibeli selama expo dan dampak ke depannya adalah bahwa para pengunjung yang berasal dari para kafilah MTQ akan membawa produk-produk yang mereka beli ke daerah mereka sebagai oleh oleh dan secara tidak langsung menjadi ajang promosi bagi produk-produk lokal pelaku usaha Kab. Banjar yang tentunya diharap dapat bersaing di pasar nasional bahkan internasional. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar