Harap Berkah dalam Haul Tuan Guru Ahmad Bakeri ke 10

Gambut, InfoPublik - Keluarga Besar Tuan Guru Ahmad Bakeri laksanakan Haul Tuan Ahmad Bakeri ke 10 lokasi utama Kubah Guru Ahmad Bakeri Pondok Pesantren Almursyidul Amin, Minggu (16/10/2022).

Hadir para Habaib dari Lawang Jawa Timur di antaranya Habib Ibrahim Ba'abud dan Habib Sholeh Al Athos. Juga hadir Habib Ali Al Iydrus desa Guntung Papuyu, Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie didampingi Camat Gambut Ahmad Fauzan.

Guru Muhammad Rasyid Ridho menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap keberkahan atas kehadiran jamaah semua. Juga terima kasih kepada pejabat, panitia dan seluruh relawan yang membantu. Terlebih khusus terima kasih kepada pimpinan dan rombongan Pondok Pesantren Darun Nasyihin Lawang Jawa Timur.

Dalam sambutannya H. Saidi Mansyur menyampaikan, kehadirannya bersama Wakil Bupati Said Idrus al-Habsyi mencari keberkahan dan Insya Allah banyak mengandung makna dalam kegiatan haul ini.

Haul merupakan bentuk kehormatan kita dan mengenang jasa Tuan Guru Ahmad Bakeri. Walau 10 tahun sudah tidak bersama kita namun jasa masih bisa kita kenang.

Pembacaan biorafi Tuan Guru Ahmad Bakeri bin Maruddin oleh putra Tuan Guru Ahmad Bakeri H. Muhammad Hasan Munawar.

Disampaikan bila dalam majelis acaramu menyebut nama orang sholeh maka turunlah Rahmat Allah atas majelis tersebut.

Bahwa  Tuan Guru Ahmad Bakeri tergolong santri pintar dengan semboyan belajar "Bercermin kita bertungkat pinsil".

Tuan Guru Ahmad Bakeri di antara sifatnya sangat menghormati orang tua dan guru-guru beliau, orang alim, pembaca al qur'an, suka menolong dan ikhlas.

Tausiyah oleh Habib Sholeh Al Athos dari Pondok Pesantren Darun Nasyihin Lawang Jawa Timur.

Acara ditutup dengan tahlil dan do'a oleh Habib Ibrahim Ba'abud.

Sebelumnya oleh panitia haul dilakukan persiapan, musyawarah, koordinasi semua pihak termasuk Forkorpimcam Gambut, UPT. Puskesmas Gambut serta pihak desa Makmur dan sekitarnya.


Untuk konsumsi panitia haul menyediakan 25 ribu nasi bungkus dan ditambah makanan dan minuman warung gratis yang disediakan secara suka rela oleh masyarakat di sepanjang jalan yang dilewati jamaah.

BPK 234 Banjarmasin Selatan beranggotakan 35 orang di Ketua Rahmadi selain ikut mengamankan jalur lalu lintas, juga ikut menyediakan makanan dengan mendirikan dapur umum, terang Sri Rahayu dan Nurul  yang menangani dapur umum bersama rekan-rekannya.

Jalur lalu lintas waktu kegiatan diberlakukan satu arah yaitu dengan masuk muara Handil II dan keluar muka Mesjid Alwathan desa Guntung Ujung, ujar salah satu Panitia Haul ke 10 Guru Suwandi.

Dan pada titik tertentu disediakan 18 posko untuk pelayanan informasi juga kesehatan.

Turut hadir dan berpartisipasi diantaranya Angkatan Muda Sabilal Muhtadin, Majelis Ta'lim Baiturrahman Handil II Gambut, Relawan Liang Anggang Pandahan (Lapan) Al Madini, Mejelis Dzikir Ihya Ulumuddin Guntung Papuyu, Kerukunan Relawan Kecamatan Gambut, Damkar, BPK di Kecamatan Gambut, Radio Amatir Penduduk Indonesia (Rapi) dan lainnya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar