Expose Dokumen Rencana Tenaga Kerja Kabupaten Banjar 2022

Martapura, InfoPublik - Salah satu penentu dari keberhasilan pembangunan suatu daerah adalah keberhasilan pembangunan ketenagakerjaannya. 

Untuk lebih meningkatkan produktivitas dan kualitas tenaga kerja di Kabupaten Banjar, diperlukan adanya suatu program terpadu lintas sektoral yang melibatkan seluruh stakeholder, serta adanya Dokumen Perencanaan Tenaga Kerja sebagai acuan dalam pembangunan ketenagakerjaan di daerah.

Hal tersebut dilakukan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Banjar menggelar Expose Dokumen Rencana Kerja Kab. Banjar Tahun 2022-2027, di Aula Bappelitbangda Banjar, Senin (14/11/2022).

Acara dibuka langsung oleh Sekda Banjar HM Hilman didampingi Kepala Disnakertran I Gusti Nyoman Yudiana dan dihadiri oleh peserta dari Intansi Pemkab Banjar, turut juga mengundang Dekan FISIP ULM sebagai akademisi.

I Gusti Nyoman Yudiana menyampaikan bahwa Rencana Tenaga Kerja bukan kebijakan dari Disnaker melainkan dokumen untuk mendukung sebuah kebijakan akan diambil oleh pemerintah daerah. 

"Rencana Tenaga Kerja Kabupaten Banjar ini juga sangat dibutuhkan guna mengoptimalkan peningkatan kerja sama lintas sektor untuk mengoptimalkan hasil pembangunan berwawasan ketenagakerjaan, maka kerjasama lintas sektor perlu digalang dan lebih dimantapkan secara seksama," ujar Nyoman.

Dekan FISIP ULM mengatakan pembangunan ketenagakerjaan di daerah yang mengacu kepada rencana tenaga kerja merupakan strategi yang sangat penting dan krusial dalam kerangka pembangunan daerah, karena meliputi pembinaan kualitas angkatan kerja, optimalisasi pendayagunaan tenaga kerja, serta perlindungan dan peningkatan kesejahteraan pekerja.

"Dengan demikian, melalui Rencana Tenaga Kerja Kabupaten Banjar yang telah disusun, diharapkan pembangunan daerah yang dilaksanakan diorientasikan kepada peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja guna memacu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banjar yang berkualitas, sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian dan pembangunan Kabupaten Banjar secara keseluruhan," papar dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Disnakertran)


Komentar