Dukung Penurunan Angka Stunting, Kodim Banjar Kolaborasi Bersama Pemkab Banjar

Martapura, InfoPublik - Tingkatkan kerja sama dalam mendukung program pemerintah meningkatkan gizi dan pola hidup sehat.

Kodim 1006/Banjar dalam rangka kegiatan 
" TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022" Berkolaborasi dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DinsosP3AP2KB), Dinas Kesehatan dan TP PKK Kabupaten Banjar melaksanakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Sunting di Aula Makodim Banjar, Senin (12/9/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj. Nugita Tiyas, Ketua Persit KCK Cab.XXIX Dim Banjar Novi Imam Muchtarom, Pasiter Kapten Inf. Pupun Punanjar, Kepala DinsosP3AP2KB Hj, Siti Hamidah, Kepala Dinkes Yasna Khairina, Kepala Disdaldukkbpmppa Banjarbaru kota, Kepala Puskesmas, Koordinator Penyuluh KB, Dharma Wanita, PKK dan Babinsa se-Kab. Banjar dan Banjarbaru kota.

Kapten Inf. Pupun Punanjar Pasiter.menyampaikan bahwa dalam kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu ini.

 TNI bersama BKKBN dan Dinas Kesehatan dapat bersinergi untuk meningkatkan jumlah akseptor khususnya di Kabupaten Banjar, terlebih untuk saat ini kita berfokus pada Penurunan angka Stunting.

"Jadi untuk melaksanakannya di lapangan Kodim 1006/Banjar memberdayakan seluruh Babinsa  mengkampanyekan dan mensosialisasikan meningkatkan akseptor KB untuk mendukung Percepatan Penurunan Stunting," ujar dia.

Sementara Ketua TP PKK Nurgita Tiyas mengatakan Poin-poin penting launching "Kick off GITAKU Running For Stunting" yang merupakan project kegiatan TP PKK untuk rencana aksi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Banjar.

Ia juga menambahkan WHO sudah menetapkan untuk angka Stunting tidak lebih dari 20%, sementara di Kabupaten Banjar angka Stuntingnya mencapai 40%.

Diharapkannya kerja sama dengan TNI, Persit dan pemerintah  kita memerlukan kolaborasi lintas sektoral untuk menurunkan angka tersebut.

"Saya optimis bersama ibu ketua Persit dan rekan-rekan semua mari kita bergerak bersama  menggaungkan bahwa kita bisa menurunkan angka tersebut secara signifikan," tutur dia.

Lebih lanjut, Nurgita Tiyas menambahkan tentunya dimulai dengan mensinkronkan data baik dari EPPGBM, SSGI, maupun Aplikasi Siga menjadi satu pintu dan Alhamdulillahnya untuk pencapaian akseptor kita sudah memenuhi target.

"Semoga apa yg menjadi usaha dan ikhtiar kita bersama dapat mendapat hasil yg memuaskan," harap dia.

Ketua Persit KCK Cab.XXIX Dim Banjar Novi Imam Muchtarom sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan diinisiasi oleh
Ketua TP PKK Banjar.

"Insyaallah "Kick off GITAKU Running For Stunting" yang merupakan project kegiatan TP PKK untuk rencana aksi Percepatan penurunan angka stunting kami mendukung," tutup Novi. (MC Kominfo Kab. Banjar/Daus/Man)


Komentar