Meningkatkan Kualitas Produk, DKUMPP Banjar Intens Lakukan Pembinaan IKM Arguci

Martapura, InfoPublik - Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar melaksanakan pembinaan IKM Arguci di Desa Melayu Ulu Kecamatan Martapura Timur, Selasa (15/11/2022).

Dalam hal ini hadir Kepala DKUMPP Banjar diwakili Kepala Bidang Perindustrian, Lily Agustriana didampingi oleh Kasi Perencanaan dan Pembangunan Industri Bidang Perindustrian, Maryani dan stafnya.

Lily Agustriana mengatakan seperti diketahui bahwa di samping melakukan kegiatan pertanian dan perikanan sebagai mata pencaharian pokok, masyarakat Kecamatan Martapura Timur juga melakukan kegiatan pembuatan kerajinan arguci yang terkenal dengan keindahan dan kerapiannya. Hasil kerajinan arguci ini sangatlah berdampak kepada bertambahnya penghasilan masyarakat dan meningkatkan perekonomian mereka.

"Tujuan dari kegiatan pembinaan ini yaitu untuk memberikan pencerahan kepada para perajin/IKM agar lebih dapat meningkatkan produknya baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Agar mampu bersaing di pasar lokal, nasional maupun internasional harapannya," ujar Lily.

Ditambahkan Lily bahwa pembinaan tersebut dilakukan dalam rangka memperoleh informasi tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para IKM Arguci tersebut sehingga bisa didiskusikan dan dicarikan solusinya bersama-sama

Salah satu IKM Arguci binaan Bidang Perindustrian DKUMPP di Kec. Martapura Timur,  Yuliawati, mengatakan bahwa produk usaha argucinya dalam beberapa bulan terakhir mengalami kenaikan omset yang cukup tinggi, dikarenakan perhelatan MTQ Nasional Expo 2022 yang digelar dari tanggal 12 s.d 16 Okt 2022 di Kab. Banjar menyisakan dampak yang positif bagi pelaku IKM.

Yuli menambahkan produknya saat ini sedang ramai dipesan oleh orang luar Kalimantan Selatan. Yakni salah satunya dari daerah Lampung berkat Pemerintah Kab.Banjar yang telah menjadikan produknya sebagai souvenir kepada tamu undangan dalam  perhelatan MTQ Nasional Expo 2022 kemarin.

Untuk memenuhi pesanan, Yuli mengaku kekurangan tenaga kerja karena pesanan yang meningkat sehingga dia menambahkan tenaga kerja dan melatih warga sekitar rumahnya untuk belajar membuat arguci.

Kerajinan arguci ini sekarang sedang dikembangkan oleh Ketua TP PKK Kab. Banjar yang juga adalah Ketua Dekranasda Kab. Banjar. Beliau sangat intens melakukan pembinaan dan promosi kerajinan arguci ini melalui berbagai event dan kesempatan. Semuanya adalah untuk memajukan masyarakat Kab. Banjar yg MANIS (Maju Mandiri Agamis). (MC Kominfo Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar