Disbudporapar Banjar Gelar Lomba Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022

Martapura, InfoPublik - Bidang Kepemudaan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar menggelar kegiatan Babak Final Lomba Peringatan Hari Sumpah Pemuda Kabupaten Banjar Tahun 2022 bertempat di Aula Kantornya, Rabu (9/11/2022).

Adapun perlombaan yg digelar Pembacaan Puisi Pemuda, Menyanyikan Lagu Mars Manis dan Pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda.  Sebelumnya telah dilaksanakan lomba secara online dengan cara mengirimkan video dari tanggal 08 Oktober sampai dengan 08 Desember 2022.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid Kebudayaan Noor Syawli Syahri, Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan Farid Wajidi, Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan OKP Gt. Muhammad Syahrizal serta para dewan juri yaitu Abdurrahman El Husaini, Harliansyah dan Endang Sri Hastuti.

Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan OKP Gt. Muhammad Syahrizal dalam laporan menyampaikan bahwa Peserta lomba berasal dari Sekolah Menengah Atas / sederajat, mahasiswa dan anggota Organisasi Kepemudaan.

"Di antaranya SMK Darussalam Martapura, SMAN 1 Karang Intan, SMAN 2 Martapura, MA Al Istiqomah Martapura, IAI Darussalam Martapura, Universitas Lambung Mangkurat, dan IPPNU Sungai Tabuk dengan total pendaftar sebanyak 46 orang finalis yang berasal dari kategori lomba perorangan dan beregu," papar Syahrizal.

Dijelaskannya, pada babak final diperoleh 5 orang finalis perorangan dan 32 orang beregu yang akan memperebutkan tropi dan uang pembinaan yang disponsori oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjar.

Sementara, Kabid Noor Syawli Syahri menyampaikan bahwa keikutsertaan para peserta dari Kabupaten Banjar dalam Lomba Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah dalam rangka melaksanakan penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan potensi kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan pemuda, keterampilan diri dan organisasi menuju kemandirian pemuda dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Dari perlombaan tersebut diperoleh juara yaitu:

1.       Lomba membaca puisi
- Juara I (pertama) atas nama Marwa Azizah dari IAI Darussalam Martapura

- Juara II (kedua) atas nama Nadia Rifatul Karima dari IAI Darussalam Martapura

- Juara III (ketiga) atas nama Nadhiroh dari SMAN 1 Karang Intan

2.       Lomba Menyanyi Lagu Mars MANIS

- Juara I (pertama) Vocal Grup SMAN 2 Martapura

- Juara II (kedua) Vocal Grup SMK Darussalam Martapura

- Juara III (ketiga) Vocal Grup SMAN 1 Karang Intan

3.       Lomba Membaca Ikrar Sumpah Pemuda

- Juara I (pertama) PAC NU

- Juara II (kedua) IPP NU

(IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar