Dinsosp3ap2kb Banjar Gelar Sosialisasi Bagi TKSK dan Petugas PUSKESOS

Martapura, InfoPublik - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar melaksanakan Sosialisasi Petugas Sosial Kecamatan bagi TKSK dan petugas Puskesos Banjar melalui Aplikasi Sistem Informasi Keluarga Sejahtera Berbasis Next Generation (SIKS NG) dan Aplikasi Data Terpadu Sosial Banua (DATU SOBAN) di aula Meranti hotel Treepark Banjarmasin, Senin (14/3/2022).


Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial, serta untuk meningkatkan penyampaian data yang akurat, valid dan update melalui aplikasi SIKS NG yang dikembangkan oleh Pusdatin Kementrian Sosial untuk pengajuan berkas dan aplikasi DATU SOBAN yang dimiliki Dinsos Provinsi Kal-Sel dalam hal pemberian bantuan.


Adapun kegiatan sosialisasi diisi dengan pemaparan materi, diskusi, dan tanya jawab sesuai materi yang disampaikan, materi yang disampaikan di antaranya tentang Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Kab. Banjar yang disampaikan oleh Hj. Siti Hamidah Kadis Sosial P3AP2KB Kab. Banjar, Kriteria Kemiskinan di Kab. Banjar oleh Ahmad Syarwani Ketua Komisi IV DPRD Kab. Banjar, Penguatan Pilar - Pilar Sosial dalam DTKS H. Hasbullah Al Banjary, Verifikasi dan Validasi DTKS Wina Marlina dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS).

Pengantar dan Praktik aplikasi SIKS NG oleh tim Pusdatin Jakarta secara Virtual, serta Pengantar Aplikasi DATU SOBAN yang disampaikan Andi M. Saputra dari Dinsos Provinsi Kal-Sel.


Para peserta tampak antusias dengan paparan dari tiap narasumber hingga sesi tanya jawab berakhir. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan koordinasi, integritasi, sinergi dan sinkronisasi data sosial baik PMKS, PSKS dan data dari tingkat Pusat sampai tingkat Kabupaten sebagai bentuk upaya penanganan fakir miskin.

 

Juga dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam perencanaan alokasi sumberdaya yang produktif, meningkatkan kinerja serta kepastian dan sinergitas dalam pengolahan data kemiskinan sebagai database kegiatan penanganan fakir miskin di Kabupaten Banjar.

 

Diakhir acara Kabid Sosial Ranuwaty Rosayulinda mengatakan,"masih ada kegiatan untuk verifikasi dan validasi data, baik DTKS, PPKS, PBI JKN serta penerima bantuan sosial lainnya, dan sosialisasi tentang aplikasi SIKS NG dan DATU SOBAN  yang akan dilaksanakan dikesempatan berikutnya,"jelasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinsosp3ap2kb)


Komentar