Dinkes Banjar Pantau Pembangunan Pustu Kahelaan

Martapura, InfoPublik - Pembangunan adalah hasil dari kegiatan dan program yang dibuat oleh pemerintah yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk menunjang pencapaian kesejahteraan sosial, tujuan ekonomi sosial, demografi politik dan sebagainya dengan cara meningkatkan pembangunan. Sedangkan pelaksanaan yaitu sebagai cara atau strategi yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Pembangunan yang dilaksanakan haruslah diusahakan dan direncanakan secara sadar artinya pemerintah baik pusat maupun daerah harus memperhatikan pembangunan pedesaan demi tercapainya tujuan yang di harapkan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya meningkatkan pembangunan daerah, baik berupaya jalan maupun infrastruktur lainya yang tidak lain dan tidak bukan maksud dan tujuan nya adalah untuk kenyamanan masyarakatnya.

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar telah mengangarkan di APBD tahun 2022 untuk pembangunan/rehab Puskesmas Pembantu yang berada di Kecamatan Sungai Pinang lebih tepatnya di desa kahelaan Kabupaten Banjar yang mana bahwa pembangunan pustu kahelaan adalah salah satu upaya pendekatan jangkauan layanan kesehatan kepada masyarakat khususnya desa kahelaan dan sekitarnya di  Kecamatan Sungai Pinang dan juga dapat di artikan ini merupakan salah satu cara pemenuhan fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan, yang merupakan bagian dari faskes di wilayah kerja puskesmas sei pinang

Pembangunan Pustu Kahelaan merupakan rangkaian pembangunan/rehab pustu-pustu yg ada d Kecamatan Sungai Pinang, setelah rehab pustu desa Belimbing tahun 2018 kemudian Desa Rantau Nangka tahun 2021 dan sekarang desa Kahelaan 2022. Sekitar 2,5 jam dengan medan perbukitan mulai Desa Maniapun Kecamatan Pengaron hingga ke desa Kahelaan.

Dengan adanya pembanguan ini tentunya berdampak positif, ini terbukti dengan adanya antusias dari para tenaga kesehatan dan Masyarakat sangat besar karena sudah bertahun-tahun menunggu dibangunnya Pustu Kahelaan (setelah bangunan pustu sebelumnya rusak akibat kebakaran) pernyataan ini di dapat dari hasil dari kunjungan, pemantauan pemangunan dari Dinkes dan Tim yang berkunjung ke tempat tersebut, Jum'at (7/10/2022) dan nilai tambahnya juga bahwa tenaga kesehatan yang berasal dari putra daerah setempat menjadi nilai tambah keberlangsungan ketersediaan nakes untuk layanan kesehatan di Pustu Kahelaan, mereka selain antusias juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pemerintah Kabupaten Banjar sekarang ini telah memfasilitasi kebutuhan kesehatan di daerahnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar