Desa Tambak Sirang Baru Laksanakan Rembuk Stunting

Pemerintah Desa Tambak Sirang Baru laksanakan Rembuk Stunting di rumah Ketua RT 003 M. Nasir Desa Tambak Sirang Baru Kecamatan Gambut, Senin, (18/7/2022).

Sekretaris Camat H. Zakaria menyampaikan peserta rembuk hendaknya memahami tujuan dan alur kegiatan rembuk stunting di desa sebagai tindak lanjut berita acara hasil diskusi.


"Fungsi dan tujuan rembuk forum musyawarah antar masyarakat desa pemerintah desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan stunting,"ujar H. Zakaria.



Sementara, Pendamping Desa Iswara Wahyuni menambahkan bahwa Rembuk Stunting merupakan sebagai rangkaian menuju musyawarah desa. 


"Dimana pencegahan dan penanganan stunting masuk dalam rencana pembangunan desa. Dan rembuk dilaksanakan sebelum Musyawarah Desa RPJMDes dan RKPDes,"jelas Iswara.


Out put dari rembuk stunting adalah adanya usulan program untuk intervensi  stunting dimana intervensi stunting ada 2 hal yaitu intervensi spesifik mengatasi penyebab langsung dan intervensi sensitif mengatasi penyebab tidak langsung.



Iswara mencontohkan, "Intervensi spesifik,
pemberian makanan  tambahan, tamblet tambah darah bagi remaja, WUS, dan hamil dan pemeriksaan kehamilan dan imunisasi. Dan Intervensi sensitif, air minum dan sanitasi, pelayanan gizi dan kesehatan , pangan bergizi."



Hadir Sekretaris Camat Gambut H. Zakaria, Babinsa Pelda Mawardi, Bhabinkamtibmas Ikwan, Pambakal Tambak Sirang Baru Syairaji, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tambak Sirang Baru Rahmi, Pendamping Desa Iswara Wahyuni dan M. Nazman, Bidan Desa Tambak Sirang Baru Fatmah, BPD, perangkat desa, kader, dari PAUD dan tokoh masyarakat. (IP Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin)


Komentar