Dekranasda Banjar Daftarkan Perajinnya dalam Lomba Desain Sasirangan Bahan Pewarna Alam

Martapura, InfoPublik - Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas yang diwakili Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati mendaftarkan Peserta Lomba Desain Sasirangan ke Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (6/10/2022).

Didampingi Kabid Perindustrian dan Kasi Perencanaan dan Pembangunan Industri bersilaturahmi ke Dekranasda Kalsel sekaligus mendaftarkan peserta yang mengikuti lomba desain motif kain sasirangan dengan bahan pewarna alam.

Lomba tersebut dilaksanakan oleh Dekranasda Kalsel dalam rangka meningkatkan desain dan kualitas kain sasirangan khususnya kain sasirangan pewarna alam.

Gusti Made menyampaikan bahwa Dekranasda Kabupaten Banjar akan meningkatkan Dua perajin sasirangan dalam lomba tersebut.

"Dekranasda Kab. Banjar mendaftarkan perajin sasirangan dari Desa Mali-Mali Kecamatan Karang Intan. Mereka adalah juara pada saat lomba Desain Sasirangan yang di laksanakan oleh Dekranasda Kabupaten Banjar pada akhir tahun 2021," tambah Made.

Panitia pelaksana lomba desain motif kain sasirangan dengan bahan pewarna alam (Dekranasda Provinsi Kalsel) yang di wakili oleh Siti Hasanah menyambut baik keikutsertaan Dekranasda Kabupaten Banjar.

"Ada beberapa kriteria yang harus dipatuhi oleh peserta diantaranya Motif Sasirangan harus berbasis seni budaya banjar dengan memperhatikan sisi kearifan lokal ( local wisdom). Di samping itu juga harus memperhatikan bahwa para pemenang lomba desain pada tahun sebelumnya tidak diperkenankan lagi mengikuti lomba tersebut," jelas Hasanah.

Lanjutnya, Kepala DKUMPP menyampaikan harapan Ketua Dekranasda Banjar bahwa peserta yang diikutsertakan bisa meraih hasil yang maksimal dalam lomba desain motif kain sasirangan dengan bahan pewarna alam tersebut yang akan dilaksanakan pada 9 Oktober 2022.

"Kegiatan ini juga kemungkinan besar akan dihadiri ketua Dekranasda Provinsi Kalsel Hj. Raudhatul Jannah dan para juri adalah para pakar/ahli dalam desain fashion dan desain sasirangan," tutup dia. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar