Camat Gambut Harapkan Bumdes Berperan dalam Pembangunan Ekonomi

Gambut, InfoPublik - Pemerintah Kecamatan Gambut melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat laksanakan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se Kecamatan Gambut di Bumdes Barokah desa Malintang, Senin (23/5/2022).

Dipilihnya tempat ini karena untuk wilayah Kecamatan Gambut, Bumdes Barokah yang berhasil mengembangkan usahanya. Salah satu usaha Bumdes Barokah desa Malintang adalah Wisata Pemancingan dan Warung Tepi Sawah yang dijadikan tempat pertemuan hari ini.

Selain pelaksanaan Rakor dan Pembinaan Bumdes se-Kecamatan Gambut juga sekaligus laksanakan studi tiru di tempat tersebut.

Tenaga Pendamping Profisional (TPP) Kabupaten Banjar Rindang R. menyampaikan pendaftaran BUMDes dan kelengkapan administrasinya dalam rangka percepatan Badan Hukum Bumdes. Disampaikan tentang mekanisme pendaftaran dan pelengkapan dokumen pendaftaran.

Camat Gambut Ahmad Fauzan menyampaikan agar Pembakal, perangkat desa dan Bumdes, agar searah dalam pembangunan ekonomi desa. 

Lebih lanjut Ahmad Fauzan berharap Bumdes diharapkan berperan aktif dalam pengembangan ekonomi desa di masyarakat setempat.

Salah satu peserta Ahmad Tarmizi dari desa Tambak Sirang Darat menyatakan Bumdes sangat bagus, karena desa menjadi mandiri dengan pendapatan Asli Desa, Bumdes desa dapat menjalin hubungan kerja sama/silaturahmi antara pemerintahan desa, tokoh masyarakat, dan  masyarakat sekitar.

"Semoga Bumdes menjadikan desa lebih maju, dan mandiri,"harap dia.

Adapun peserta yang mengikuti sebanyak 60 orang terdiri Pembakal, BPD, dan satu perwakilan pengurus atau yang membidangi usaha desa masing-masing.

Kepala Seksi Pemberdayaan Kecamatan Gambut Hidayat, Pemdamping Desa Iswara Wahyuni, M. Nazman, Pendamping Desa Infrastruktur Rifa Fahriah, staf Kecamatan Gambut. (IP Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin)


Komentar