Bupati Banjar Tanam Pohon Peringati HMPI Tahun 2021

Martapura,InfoPublik - Bupati Banjar H.Saidi Mansyur didampingi Wakilnya Habib Idrus Al-Habsyie Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2021 di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, di Hutan Kota SD Indrasari 2, Senin (22/11/2021) pagi.

 

Hadir pula Sekda Banjar H.M Hilman, Forkopimda Banjar, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kepala Inspektur Banjar Kencana Wati, Camat Martapura Ramli, Pembakal Desa Indrasari, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayu Tangi, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Plt Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar Mursal dan Federal International Finance (FIF) Group Cabang Martapura serta para Kepala SKPD Banjar.

 

Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor yang disampaikan Bupati Banjar H.Saidi Mansyur bahwa Kalimantan Selatan dan provinsi lainnya di pulau Kalimantan, telah mengemban predikat sebagai paru paru dunia.

 

"Oleh karena itu, kita harus memelihara hutan yang masih tersisa dan lingkungan di banua kita dari kerusakan, baik kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam maupun dari kesalahan manusia itu sendiri,”ungkapnya.

 

Dirinya mengajak kepada seluruh unsur pemerintah dan lapisan masyarakat untuk bergerak lebih cepat dalam merehabilitasi hutan dan lahan secara terus menerus dan berkelanjutan.

 

"Kita sangat bersyukur bahwa gerakan revolusi hijau mendapat dukungan yang luas dari berbagai pihak seperti pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, BUMN, BUMD, hingga dukungan dari jajaran TNI dan Polri yang terus mengalir untuk menghijaukan kembali bumi Kalimantan Selatan,”ucapnya.

 

Selain itu Plt DLH Banjar Mursal mengatakan tujuan HMPI adalah untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

 

Dikesempatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis bibit pohon dari Kepala KPH Kayu Tangi dan FIF Group Cabang Martapura kepada Bupati Banjar, dilanjutkan dengan penanaman pohon langsung.

 

Adapun bibit yang diserahkan oleh KPH Kayu Tangi sejumlah 320 batang pohon yang terdiri dari pohon nangka 100, jambu mete 210 dan pete 10 batang.

 

Kemudian dari FIF Group Cabang Martapura sejumlah 200 bibit yang terdiri dari pohon duku 15, alpukat 15, rambutan 40, mangga gadung 20, kasturi 30, jambu air 20, jambu madu 30 dan jambu delicitra 30 batang. (MC Kominfo Kab.Banjar/Zidane/Umar/Agusoke)


Komentar