Bumdes Barokah Malintang Kecamatan Gambut Kembangkan Desa Wisata

Gambut, InfoPublik - Malintang untuk sementara adalah tempat satu-satunya desa wisata di Kecamatan Gambut. Pemancingan dan Warung tepi sawah beralamat Jl. Bintangur RT 005, sahamnya adalah milik Bumdes Barokah.

Hal tersebut diungkapkan Pendamping Desa Iswara Wahyuni saat Rapat Koordinasi dan Pembinaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Kecamatan Gambut di desa Malintang, Senin (23/5/2022).

Dalam kegiatan ini dihadiri Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Banjar Rindang R,
Camat Gambut Ahmad Fauzan, Kepala Seksi Pemberdayaan Kecamatan Gambut Hidayat, M. Nazman, A. Zakiy, Pendamping Desa Infrastruktur Rifa Fahriah, staf Kecamatan Gambut.

Diikuti peserta sebanyak 60 orang terdiri Pembakal, BPD, dan satu perwakilan pengurus atau yang membidangi usaha desa masing-masing.

Adapun tempat Pemancingan dan Warung Tepi Sawah ini bisa untuk kegiatan rapat, Arisan Keluarga, Arisan Kantor, ulang tahun. Dengan kapasitas pelayanan 100 orang.

Fasilitas yang disediakan adalah Wahana Sepeda Air, Perahu, Sound Sistem dan Organ Tunggal, Kesenian Hadrah, dan Gedung Serbaguna yang bisa disewakan. Dan untuk makanan ada masakan khas Banjar, Produk unggulan dari bumdes barokah desa malintang berupa sambal ronto, sambal goreng rujak dan tapai beras gambut.

Desa Malintang sekarang juga mengembangkan Kampung Inggris dengan mendatangkan guru bahasa inggris dari luar.

Pemerintah Desa Malintang juga baru ini baru menjalankan studi tiru ke desa Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo Klaten untuk bisa menerapkan administrasi dan semangat membangun desa yang mana diketahui Umbul ponggok merupakan desa yang maju melalui bumdesnya "BUMDes Tirta Mandiri". Keterangan Pengurus Bumdes Barokah Wanda Oktarianti. (IP Kab. Banjar/Brigade Gambut/Hairudin)


Komentar