Pemkab Banjar Fasilitasi PT. BBP Laksanakan Konsultasi Publik RI PPM

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam memfasilitasi PT. Banjar Bumi Persada (BBP) untuk melaksanakan konsultasi publik dokumen RI PPM PT. Banjar Bumi Persada, Kamis (10/11/2022) di Aula Baiman Lantai III Bappedalitbang Kabupaten Banjar.

 

Pelaksanaan kegiatan ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Banjar Ikhwansyah dengan didampingi oleh Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar H.M. Riza Dauly, Kepala Bidang Mineral dan Batubara ESDM Provinsi Kalsel Gunawan Harjito.

 

Konsultasi ini menampilkan dua narasumber yakni Kepala Bappedalitbang Riza Dauly dengan materi Sinergi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Banjar Terhadap Program Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat PT. Banjar Bumi Persada (BBP) dan CSR Specialist PT. Banjar Bumi Persada (BBP) Nor Qomariah dengan dimoderatori Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Santi Nuralela.

 

Terwujudnya Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis, Hal ini yang harus kita wujudkan bersama sebagai dasar pembangunan Kabupaten Banjar dengan skema kolaboratif pentahelix harus tetap dijaga.

 

Beberapa program prioritas (major project) yang mendukung tema pembangunan tahun 2023 akan di prioritaskan antara lain :

  1. Stunting
  2. Permodalan UMKM
  3. Nilai indeks reformasi birokrasi dan IKM
  4. Menciptakan lapangan pekerjaan
  5. Penginkatan kemantapan jalan dan jembatan
  6. Membangun parawisata berbasis potensi daerah hingga ke tingkat desa.

 

Lebih lanjut, Riza Dauly menjelaskan rencana tersebut antara lain pelatihan untuk pendukung penciptaan lapangan pekerjaan dan aksi-aksi dilapangan untuk mendukung penurunan stunting.

 

Setiap IUP mempunyai kewajiban dokumen PPM berdasarkan Permen Nomor 25 Tahun 2018 pada Kementrian ESDM RI. Sampai dengan saat ini programnya terus disosialisasikan menjelang berakhirnya kontrak kami pada akhir 2023 nanti. RIPPM bertujuan untuk memberikan pedoman dan landasan bagi seluruh pemangku kepentingan, menyeleraskan dan mensinkronisasikan pembangunan daerah yang mana Manfaat RI PPM sebagai panduan dalam melaksanakan program pembangunan dan pengembangan masyarakat. pangkas CSR Specialist PT BBP Nor Qomariyah.

 

Sasaran program PPM PT.BBP :

  1. Bidang pendidikan : meningkatnya kualitas pendidikan
  2. Bidang kesehatan : meningkatnya kualitas layanan dasar dan derajat kesehatan masyarakat
  3. Bidang ketenagakerjaan : meningkatnya daya beli masyarakat dan peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat
  4. Bidang kemandirian ekonomi : meningkatkan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar tambang
  5. Bidang lingkungan hidup : dukungan dalam penanganan tanggap darurat dan kebencanaan, serta terjaganya kualitas lingkungan hidup pada wilayah sekitar petambangan
  6. Bidang sosial dan budaya : aktualisasi keagamaan dalam kehidupan sosial masyarakat, terpeliharanya nilai-nilai budaya dan kearifan lokal dan penyaluran minat dan bakat anak
  7. Bidang kelembagaan komunitas : menguatnya kelembagaan penunjang kemandirian masyarakat di sekitar tambang
  8. Bidang infrastuktur : meningkatnya sara infrastruktur penunjang PPM di sekitar wilayah tambang

(IP Kab. Banjar/Brigade Bappedalibang)


Komentar