Bakesbangpol Banjar Gelar Fasilitasi Penguatan Peran FKDM Tingkat Kecamatan

Martapura, InfoPublik – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar Gelar Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kecamatan Tahun 2022, di aula  Kecamatan Kertak Hanyar, Kamis (1/12/2022).

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Bakesbangpol mewakili Kepala Bakesbangpol, Plt Camat Kertak hanyar Gt. M. Noviar Hidayat, Narasumber dari Kasat Intelkam Polres Banjar/Iptu Farikin Rols Moh Asrori, Pasintel Kodim 1006/Bjr  Hadi Sutrisno dengan menghadirkan  peserta dari FKDM Kertak Hanyar, FKDM Gambut, FKDM Tatah Makmur, FKDM Beruntung Baru, dan FKDM Kec. Aluh-Aluh.

Wasis Nugraha mengatakan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang merupakan organisasi mitra Pemerintah mempunyai tugas, yakni menjaring, menampung, mengkoordinasikan data dan info dari masyarakat tentang potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam upaya cegah dan penanggulangan secara dini.

Selain itu Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) juga menjadi mata, telinga, mulut Pemerintah dan sangat berperan penting untuk memberikan informasi kepada Pemerintah sesuai dengan tingkatnya terkait dengan potensi ancaman keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat, gejala peristiwa bencana dalam upaya cegah dan penanggulangan dini yang terjadi di wilayah Kertak Hanyar.

“Perlu kita ingat kita harus menjaga Pilar NKRI berwawasan kebangsaan yang tinggi dengan menanamkan nilai – nilai 4 pilar kebangsaan dalam mencegah hal-hal yang mengganggu ancaman, ketertiban, dan deteksi dini sehingga kita selalu waspada itulah sebagian peran dari FKDM sendiri," tutur Wasis

Camat Gt. M. Noviar menyampaikan bahwa Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) sangat penting dan bisa mengamati serta mencegah dengan adanya potensi konflik diwilayahnya masing-masing,  khususnya di kertak hanyar ini dan tingkat kecamatan saat ini kita perlu kordinasi dan perlu komunikasi sehingga kita lebih intens lagi kedepannya untuk membahas diskusi ini,”ucap dia.

Hadi sutrisno menekankan pentingnya tindakan Temu Cepat Lapor Cepat Ia pun menerangkan sekilas tentang taktik dan tehnik tentang penyelidikan, pengamanan dan penggalangan informasi yang mencurigakan, peran bankan kecakapan FKDM pun dalam melaksanakan temu cepat berikan kemampuan kepada tiap FKDM sehingga memiliki pola pikir dan pola tindak serta landasan berpikir dalam susunan rencana Tcl juga menentukan mitra karib berdasarkan penilaian dan persyaratan.

Sementara itu ditambahkan kasat Intelkam Polres Banjar Farikin antisipasi, waspada terhadap wilayah permasalahan yang terjadi di Kertak Hanyar biar kita antisipasi kedepan sambil sharing dalam kasih tau suatu masalah yang bisa diselesaikan secara bersama  sebagai upaya pencegahan dan kewaspadaan dini perlu partisipasi masyarakat untuk menjaga ketertiban lingkungan masing-masing. 

Acara diakhiri dengan dialog antara anggota FKDM. (IP Kab. Banjar/Brigade/Yati/Bakesbangpol)


Komentar