BPD Mitra Strategis Pambakal Dapatkan Tambahan Wawasan

Gambut, InfoPublik – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah salah satu Lembaga Kemasyarakatan Desa mempunyai tugas dan fungsi yang sangat penting dan strategis di Desa. Hingga kemampuannya perlu terus diasah dan ditingkatkan baik pengetahuan, wawasan, keterampilan bahkan sikapnya. 

 

Terkait hal tersebut Pemerintah Kecamatan Gambut fasilitasi kegiatan peningkatan wawasan tentang tugas dan fungsi BPD di Aula Kecamatan Gambut, Kamis (15/9/2022).

 

Tujuan kegiatan agar benar-benar menjadi mitra sejajar dan strategis bagi Pambakal dalam bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat.

 

Yang menjadi peserta Ketua, Sekretaris dan salah seorang Ketua Bidang dari BPD se Kecamatan Gambut.

 

Kepala Seksi Pemerintahan Syahrani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Perwakilan Desa dengan Regulasi turunannya di tingkat Kabupaten berupa Peraturan Daerah Kabupaten Banjar Nomor 12 Tahun 2018 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

 

Syahrani diharapkan semua peserta bisa memahami, memaknai serta punya interpretasi dan persepsi yang sama terhadap Tugas dan Fungsinya.

 

Narasumber pada kegiatan ini Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Banjar Dian Patriatmini Utami.

 

Dalam paparannya, menyampaikan secara detail mengenai Tugas dan Fungsi BPD sebagaimana tercantum di Perda tersebut, yaitu sebanyak 3 Fungsi dan 13 Tugas BPD yang wajib untuk dipelajari, dipahami, dihayati serta diimplementasikan untuk bisa menjadi mitra sejajar dan strategis bagi Pambakal.

 

Selain paparan, pada kesempatan ini juga dilakukan simulasi musdes untuk mempraktekkan paparan yang telah disampaikan narasumber hingga bisa menjadi bekal pada saat pelaksanaan Musdes di desa masing-masing.

 

Semua Peserta bisa berbagi peran sebagai penajaman dari Tugas dan Fungsi tadi.

 

Kegiatan ini juga kerja sama dan mendapat dukungan penuh dari Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Desa Lokal (PLD) Kecamatan Gambut di bawah koordinator Pendamping Iswara Wahyuni.

 

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Kecamatan Gambut H. Zakaria, mewakili Camat Gambut sekaligus berpesan agar pengetahuan, wawasan dan ketrampilan yang diperoleh dari kegiatan ini dapat diaplikasikan di desa masing-masing agar pemerintahan bisa berjalan lancar, pembangunan bisa terlaksana sesuai perencanaan serta pelayanan terhadap masyarakat jadi meningkat pungkasnya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar