Amankan Nataru, Operasi Lilin Intan 2022 Digelar mulai Hari Ini

Martapura, InfoPublik - Momentum Natal dan Tahun Baru (NATARU) selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat Indonesia termasuk di Kabupaten Banjar ini yang non muslim ± 0,8%. Sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat . 

Oleh sebab itu Polri dengan dukungan TNI, K/L, pemerintah daerah, mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Intan Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Lilin Intan Tahun 2022, di Halaman Mapolres Banjar, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 11 hari dari 22 Desember 2022 s/d 2 Januari 2023. Dilanjutkan dengan KRYD mulai  3 Januari - 9 Januari 2023.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Listyo Sigit Prabowo mengatakan Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana.

Dikatakannya, dengan demikian diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan natal tahun 2022 dan tahun baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif.

" Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personil gabungan yang ditempatkan pada 1845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu guna mengamankan 52.636 objek pengamanan," ungkap Saidi.

Ia menambahkan khusus pengamanan ibadah natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K9 dan Densus 88. Selain itu libatkan juga elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan sebagai wujud toleransi beragama.

" Sedangkan pada perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian. Terutama kegiatan kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Hal ini guna mengantisipasi potensi kerumunan yang dapat menimbulkan korban," tutup dia.

Sementara itu, Kabid Pemadaman 
Penyelamatan dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar Didin mengatakan selain tempat yakni gereja, tempat kegiatan masyarakat tentu di daerah wisata juga harus dilakukan pengamanan karena banyak orang sudah pasti melaksanakan liburan ke tempat-tempat wisata dan berkumpul dengan keluarga.

"Saya berharap masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan saat libur natal dan tahun baru ini, apalagi Desember ini angka kejahatan konvensional meningkat seperti pencurian kendaraan bermotor dan senjata tajam," tutup dia.

Peserta apel terdiri unsur TNI / Polri, DISHUB, SATPOL PP, BPBD, DPKP, RAPI, PMI serta relawan. (IP Kab. Banjar/Brigade DPKP/SAY17)


Komentar