Penyerahan penghargaan Pemenang Lomba Posbindu PTM dan DePe Cantix Tingkat Kabupaten Banjar 2024

Bertempat di Halaman Kantor Bupati Banjar,Kamis, 17 Oktober 2024 dilaksanakan Apel Hari Kesedaran Nasional yang di hadiri oleh PJ Bupati Banjar, Kepala SKPD, pejabat struktural dan fungsional, serta seluruh ASN dan PTT Lingkup Kabupaten Banjar,  di dalam agenda apel tersebut  salah satunya adalah Penyerahan hadiah Lomba Posbindu PTM dan Lomba Desa Peduli Kanker Serviks (Depe Cantik) Tingakt Kabupaten Banjar, yang mana lomba tersebut bertujuan untuk mendorong semangat perubahan dalam peningkatan pelayanan kesehatan khususnya skrining faktor risiko penyakit tidak menular.

Dalam sambutannnya Pejabat sementara Bupati Banjar selaku Pembina apel Bapak Akhmad Fydayeen, SH., M.Si menyampaikan bahwa Saat ini Indonesia Tengah menghadapi beban pembiayaan pelayanan kesehatan yang tinggi diakibatkan oleh Penyakit Tidak Menular. Penyakit Tidak Menular adalah penyakit kronis dengan durasi yang Panjang dengan proses penyembuhan atau pengendalian kondisi klinis yang umumnya lambat. Banyak masyarakat yang tidak menyadari bahaya penyakit tidak menular dan pentingnya deteksi dini. Kurang efektifnya program edukasi tentang pentingnya skrining dan deteksi dini penyakit tidak menular menjadi penyebab rendahnya angka deteksi dini. Beberapa masyarakat mungkin merasa malu atau takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Rendahnya angka cakupan deteksi dini penyakit tidak menular di Kabupaten Banjar melatarbelakangi  Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar untuk melaksanakan kegiatan Lomba Posbindu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Tingkat Kabupaten Banjar dan mempunyai terobosan dalam bentuk sebuah inovasi DePe Cantix yaitu Desa Peduli Cancer Cervix dengan tujuan yaitu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran  masyarakat tentang cancer cervix dan dengan harapan dapat meningkatnya partisipasi Masyarakat untuk melakukan deteksi dini penyakit tidak menular.

Berikut adalah pemenang Lomba Posbindu PTM, yaitu Terbaik 1 Posbindu Manggis Desa Tatah Pemangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar, Terbaik 2 Posbindu Amanah Desa Baliangin Kecamatan Sambung Makmur dan Terbaik 3 Posbindu Teratai Desa Mali-mali Kecamatan Karang Intan. Kemudian untuk Lomba DePe Cantix diraih oleh Juara 1 Desa Tanjung Rema Kecamatan Martapura, Terbaik 2 Desa Sungai Rangas Kecamatan Martapura Barat dan Juara 3 Desa Tatah Pemangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar. Pejabat sementara Bupati Banjar mengucapkan selamat dan sukses kepada para pemenang dan berpesan semoga Semoga semangat ini terus berlanjut dan menginspirasi lebih banyak orang untuk terlibat dalam kegiatan Posbindu dan DePe Cantix.

Dengan adanya kegiatan ini, Beliau mengajak untuk bersama-sama mencapai tujuan kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup Masyarakat dan terus bekerja sama untuk masa depan yang lebih sehat dengan menjaga kesehatan hari ini melalui skrining faktor risiko penyakit tidak menular di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) terdekat di wilayah Kabupaten Banjar. Ayo deteksi dini untuk kesehatan kini hingga nanti.


Komentar