Pjs Bupati Banjar Serahkan Penghargaan Lomba Posbindu PTM dan DePe Cantix

MARTAPURA, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Apel Hari Kesadaran Nasional yang diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura, Kamis (17/10/2024).

Pada kegiatan ini dihadiri Pjs Bupati Banjar Akhmad Fydayeen selaku pembina apel diikuti Kepala SKPD, pejabat struktural dan fungsional, serta seluruh ASN dan PTT Lingkup Kabupaten Banjar.

Dikesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah Lomba Posbindu PTM dan Lomba Desa Peduli Kanker Serviks (Depe Cantik) Tingkat Kabupaten Banjar

Pjs Bupati Banjar Akhmad Fydayeen, menyampaikan bahwa saat ini Indonesia tengah menghadapi beban pembiayaan pelayanan kesehatan yang tinggi diakibatkan oleh Penyakit Tidak Menular. 

"Penyakit Tidak Menular adalah penyakit kronis dengan durasi yang Panjang dengan proses penyembuhan atau pengendalian kondisi klinis yang umumnya lambat. Banyak masyarakat yang tidak menyadari bahaya penyakit tidak menular dan pentingnya deteksi dini," ujarnya.

Menurut Fydayeen kurang efektifnya program edukasi tentang pentingnya skrining dan deteksi dini penyakit tidak menular menjadi penyebab rendahnya angka deteksi dini. Beberapa masyarakat mungkin merasa malu atau takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Dari rendahnya angka deteksi dini melatarbelakangi Dinkes Banjar melaksanakan lomba Posbindu PTM dan juga trobosan inovasi DePe Cantix guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang cancer cervix.

Tak lupa Fydayeen sampaikan selamat dan sukses kepada para pemenang dan berpesan semoga Semoga semangat ini terus berlanjut dan menginspirasi lebih banyak orang untuk terlibat dalam kegiatan Posbindu dan DePe Cantix.

"Mari bersama-sama mencapai tujuan kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup Masyarakat dan terus bekerja sama untuk masa depan yang lebih sehat dengan menjaga kesehatan hari ini melalui skrining faktor risiko penyakit tidak menular di Puskesmas dan Posbindu PTM terdekat di wilayah Kabupaten Banjar. Ayo deteksi dini untuk kesehatan kini hingga nanti," ajaknya

Adapun pemenang lomba Posbindu PTM, Terbaik 1 Posbindu Manggis Desa Tatah Pemangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar, Terbaik 2 Posbindu Amanah Desa Baliangin Kecamatan Sambung Makmur dan Terbaik 3 Posbindu Teratai Desa Mali-mali Kecamatan Karang Intan. 

Kemudian untuk Lomba DePe Cantix diraih oleh Juara 1 Desa Tanjung Rema Kecamatan Martapura, Terbaik 2 Desa Sungai Rangas Kecamatan Martapura Barat dan Juara 3 Desa Tatah Pemangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar. 


Komentar