Dinkes Gelar Komunikasi Informasi dan Edukasi Ketahanan Pangan di Kertak Hanyar

Martapura, InfoPublik – Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Ketahanan Pangan bagiKader Posyandu,  Pelaku UMKM dan Pelajar di Kecamatan Kertak Hanyar.


Kegiatan tersebut dibuka Kabid Kesmas dr. Widya Wiri Utami mewakili Kadis Kesehatan, hadri juga Kepala Seksi Kesling Rusmiati Agustina beserta seluruh Staf, di Hotel Delima Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, Selasa (7/11/2023) pagi.


Sebanyak 75 peserta mengikuti acara terdiri dari Para Kader (Posyandu PKK) Wilayah Kertak Hanyar seabnyak 20 orang, para pedagang 20 Wilayah Kertak Hanyar Sebanyak 20 orang, Pelaku Usaha PIRT/UMKM 20 orang dari Kabupaten Banjar, Anak Sekolah (SMP/SMA) wilayah Kertak Hanyar, SMP 2 Kertak Hanyar dan SMKN 1 Kertak Hanyar.


Widya Wiri Utami menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat tentang Keamanan Pangan, juga bertujuan secara khusus untuk penyebaran komunikasi, informasi dan edukasi masyarakat mengenai makanan aman, bermutu dan bermanfaat, peningkatan peran serta bebagai pihak di Kabupaten Banjar dalam Pengawasan makanan yang beredar di masyarakat.


Sedangkan pengertian Ketahanan Pangan sendiri tidak lepas dari UU No. 18/2012 tentang Pangan,” ucap Widya.


Widya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para peserta yang antusias mengikuti acara tersebut dengan baik, juga ucapan terima kasih kepada para sumber yang telah menyampaikan informasi maupun materi berkenaan tentang ketahanan pangan.


Dalam kegiatan ini yang menjadi narasumber dari unsur BPOM, Poltekkes Banjarmasin dan Dinkes Kabupaten Banjar, dari beberapa materi yang disampaikan yaitu 5 kunci Keamanan Pangan, Keamanan dan Mutu Pangan serta Bahan Tambahan Pangan. Serta dalam kegiatan ini dibentuk kader atau duta pengawasan yang berasal dari Pelajar, Pelaku usaha PIRT/UMKM ,Komunitas Pasar, Komunitas Desa, Karang Taruna, LSM dan Lain-lain. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar