Serah Terima Program KOTAKU Tahun 2020, Di Desa Murung Kenanga Martapura

Martapura, InfoPublik - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan RI melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menggelar acara serah terima program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Tahun 2020. di desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura - Kabupaten Banjar dengan konsep masterplan kawasan bertema AIR-SANTRI yang berarti Aman, Indah, Ramah - Santun dan Tertata Rapi. Senin,(30/11/2020) siang.


Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DPR- RI komisi V Rifqynizami Karsayudha. Kepala Balai Pengembangan Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan (BPPW) Dardjat Widjanarso. Anggota DRRD Kalimantan Selatan, Anggota DPRD Kabupaten Banjar, Bupati Banjar yang diwakili oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Banjar MURSAL, Plt. Camat Martapura Muhammad Ramli, Kepala Desa Murung Kenanga Mahfudz Ketua LKM Al-Ikhwan Kenanga Khairuddin dan warga masyarakat desa Murung Kenanga.


Dalam Sambutanya Rifqynizami Karsayudha menyampaikan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan


"Nantinya dari program ini kita akan membangun dan membenahi kawasan  yang mendapat bantuan dari Kementerian untuk ditata ,dikelola untuk  menjadi kawasan yang jauh dari kesan kumuh. kita tingkatkan sanitasi berbasis masyarakat, ciptakan ruang terbuka publik.” Katanya


Rifqynizami juga menambahkan selama 2020 ini telah dibangun septic tank komonal, MCK Biofil, Drainase dan sarana sarana air bersih yang semua dari Program KOTAKU yang mana merupakan bagian dari program Infrastruktur Berbasis Masyarakat ( IBM). 


Sementara itu kepala Bappedalitbang Banjar Galuh Tantri Narindra yang dalam hal ini mewakili Pemerintah Daerah menyambut baik dan mengapresiasi semua program program yang dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah .


"Semua ini terwujud merupakan hasil dari diskusi masyarakat . Serta  mendapat dukungan dari pemerintah. Semoga segala program yang ditujukan buat kemajuan pembangunan daerah bisa berhasil dilaksanakan dan bermanfaat buat daerah ,serta hasilnya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat." Ucapnya


Dan pada akhir acara dilaksanakan penandatanganan prasasti serah terima program Kotaku Tahun 2020 oleh Rifqinizamy Karsayuda, dilanjutkan dengan penyerahan dokumen aspirasi masyarakat oleh perwakilan LKM kepada Rifqinizamy Karsayuda dan ditutup dengan penanaman bibit pohon disepanjang siring murung kenangan. (MC.BANJARKAB/agusoke)


Komentar