Ribuan Jemaah Tumpah Ruah Hadiri Haul ke-43 Habib Zein Martapura

Martapura, InfoPublik - Ribuan jemaah pencari berkah hadiri peringatan haul ke 43 Habib Zein bin Muhammad bin Alwy bin Syekh Al-Habsyi, di kediaman keluarga almarhum, di Jalan Ahmad Yani Km 38 Martapura, Kabupaten Banjar, Jumat (8/3/2024) malam.

Jemaah yang memadati lokasi pelaksanaan haul meluber hingga ke bagian teras pertokoan, tepi jalan raya bahkan trotoar pejalan kaki di seberang jalan. Meski cuaca gerimis, namun jemaah tetap khusyu dan tak beranjak dari tempatnya.

Pengguna kendaraan bermotor yang melintas juga memperlambat laju kendaraannya, dipandu oleh para relawan, personel Dishub hingga Satpol PP Kabupaten Banjar.

Peringatan haul yang dihadiri oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi, para alim ulama dan habaib tersebut diisi dengan pembacaan maulid habsyi, surah yasin, tahlil dan diakhiri dengan doa.

Habib Zein bin Muhammad Al Habsyi kelahiran Hadramaut hijrah ke Martapura bersama keluarga pada usia 40 tahun. Beliau adalah sosok yang pemurah penuh kasih sayang dan cinta kepada alim ulama. Kaya dengan ilmu agama, sangat tawadhu, dekat dengan Guru Zaini dan selalu hadir di majelisnya di Keraton.

Hubungan Habib Zein dengan Guru Zaini sangatlah erat, beliau menganggap Guru Zaini seperti anak kandungnya sendiri. Mereka selalu bertukar pikiran membicarakan masalah ilmu dan kemaslahatan umat.

Beliau berpulang ke rahmatullah pada usia 100 tahun lebih, hari Sabtu 27 Sya’ban 1402 H/19 juni 1982 M. Dimakamkan di belakang rumah beliau Jalan Ahmad Yani Km 38 Kelurahan Kampung Jawa Martapura. (Media Center Banjar/Ronny/Paris)


Komentar